Ziarah Kubro Masuk Charming Event Dinas Pariwisata Palembang, Dongkrak Kunjungan Wisata

Ziarah Kubro Masuk Charming Event Dinas Pariwisata Palembang, Dongkrak Kunjungan Wisata

Gubernur HD menghadiri Ziarah Kubro beberapa waktu lalu. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ziarah kubro yang digelar pada 10-12 Maret lalu merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan masyarakat Kota Palembang, khususnya para ulama atau habib secara bersama-sama, menjelang 10 hari terakhir di bulan Syakban.

Pada kegiatan Ziarah Kubro, biasanya para ulama dan habib berziarah mengunjungi makam-makam ulama terkemuka di Palembang. Seperti pemakaman habib di daerah Kambang Koci, Kawah Tekurep hingga pemakaman ulama di Telaga Swidak.

Ziarah Kubro masuk dalam agenda atau kalender tahunan 2023 Dinas Pariwisata Palembang dan dijadikan salah satu destinasi wisata religi.

Diketahui, saat pergelaran Ziarah Kubro beberapa hari lalu berlangsung sukses. Sekitar 10.000 massa mengikuti rangkaian acara Ziarah Kubro.

BACA JUGA:Serang Ketek Kecipratan Rezeki Ziarah Kubro Palembang

Bukan hanya masyarakat Palembang, namun wisatawan dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan  bahkan dari mancanegara mengikuti Ziarah Kubro. Seperti Malaysia hingga Yaman berdatangan ke Palembang untuk mengikuti rangkaian acara Ziarah Kubro.

Hal itu sesuai yang diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Sulaiman Amin kepada awak media saat menggelar Konferensi Pers Calender of Charming Event Palembang tahun 2023 di Hotel The Zuri, beberapa waktu lalu.

"Ziarah Kubro masuk Charming Event Palembang tahun 2023 dikarenakan memiliki massa estimasi mencapai 10.000, serta potensi wisatawan besar dari luar kota bahkan Mancanegara," ungkapnya.

Adapaun strategi Dispar Palembang memaksimalkan Ziarah Kubro sebagai potensi wisatawan dalam hal memberi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Palembang yakni meningkatkan publikasi.

"Publikasi harus ditingkatkan lagi agar banyak masyarakat tahu," jelas Sulaiman Amin ketika dihubungi SUMEKS.CO, Jumat 24 Maret 2023.

BACA JUGA:Ziarah Kubro Palembang, Berkah Bagi Pedagang

Sulaiman Amin menuturkan, peran dari sektor kuliner dan oleh-oleh khas Palembang juga berpengaruh pada daya tarik wisatawan.

"Mereka yang berkunjung ke Palembang termasuk mengikuti Ziarah Kubro pasti ingin mencicip atau membeli Pempek dan oleh-oleg khas Palembang, ini juga penting untuk ditingkatkan dan diperhatikan kualitasnya," tuturnya.

Dia menyebutkan, selain itu strategi yang diperlukan untuk memaksimalkan Ziarah Kubro sebagai potensi wisata religi yakni meningkatkan pelayanan di berbagai hotel Kota Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: