BBPOM Palembang Jadwalkan Sidak, Berharap Pedagang Jujur

BBPOM Palembang Jadwalkan Sidak, Berharap Pedagang Jujur

Sidak BBPOM Palembang. foto: dok sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) PALEMBANG akan melakukan sidak makanan dan bahan makanan di pasar beduk Ramadan tahun ini.

"Ya mas, untuk lokasi kami yang akan disidak yakni mall atau distributor dan tempat lain-lainnya," kata Kepala BBPOM Palembang Drs Zulkifli Apt saat dihubungi SUMEKS.CO melalui telepon selulernya, Kamis 23 Maret 2023. 

Zulkifli mengatakan, untuk tanggal dan hari dalam sidak itu dirinya masih menunggu dulu data dari Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Palembang. 

"Kita tunggu dulu data Disperindag, ada berapa tempat jual takjil di Kota Palembang," ujar Zulkifli.

Zulkifli mengaku, sebelum melakukan sidak, BBPOM bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sudah mengundang penjual takjil dan memberikan sosialisasi tentang keamanan pangan. 

BACA JUGA:BBPOM Palembang Tegaskan Tupoksi Pengawasan

"Ini juga sudah disampaikan sosialiasi tersebut dan saya berharap tidak ada lagi yang ditemukan seperti tahun lalu terindikasi formalin," ungkap Zulkifli. 

Masih kata Zulkifli, untuk tahun 2022 kemarin, jumlah sampel yang diuji sebanyak 234 dan hasilnya ada 8 sampel terindikasi formalin serta 226 aman tidak mengandung formalin. 

"Kami melihat 8 sampel terindikasi formalin yakni mie pada rujak mie dan yang lain-lainnya," jelas Zulkifli. 

Dia berharap kepada para pedagang untuk selalu jujur dalam menjual bahan pokok makanan dan yang lain-lainnya. 

"Ini tujuannya, supaya masyarakat bisa nyaman dan aman saat membeli bahan pokok makanan dan yang lain-lainnya," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: