Ini Tema Hari Raya Nyepi 2023 di Sumsel

Ini Tema Hari Raya Nyepi 2023 di Sumsel

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tema Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 atau tahun 2023 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yakni "Meningkatkan Sradha Bhakti Berdasarkan Panca Sradha dan Tri Kerangka Agama Hindu".

Hal itu diungkapkan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumatera Selatan (Sumsel) I Gusti Bagus (IGB) Surya Negara kepada awak media di Pura Agung Sriwijaya Palembang, Selasa 21 Maret 2023.

"Panca Sradha adalah lima dan Sradha yakni keyakinan atau kepercayaan. Lima dasar kepercayaan itu adalah percaya adanya Brahman, Atma, Karma Phala, Punarbhawa, dan Moksa," ungkapnya.

IGB Surya menjelaskan, Tri Kerangka Agama Hindu adalah Tatwa atau ilsafat, Etika atau susila, dan Upacara atau ritual.

"Yang mana bagian satu dengan lainnya saling isi mengisi dan merupakan satu kesatuan yang bulat untuk dihayati dan diamalkan guna mencapai tujuan agama yang disebut Jagadhita," jelasnya.

IGB Surya menuturkan, peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 atau tahun 2023 di Pura Agung Sriwijaya Palembang terdapat berbagai rangkaian kegiatan keagamaan Hindu.

"Serangkaian kegiatan menyambut Hari Raya Nyepi sudah diadakan sejak 12 Maret lalu, hingga 7 April mendatang," tuturnya.

Kendati demikian IGB Surya menyebutkan, kegiatan Hari Raya Nyepi pada hari ini yakni Tawur Kesanga dan Persembahyangan bersama Tilem yang diikuti ratusan Umat Hindu di Sumsel.

Tawur Kesanga ialah menyimpan sejarah dan nilai tradisi kental yang berkaitan dengan pelaksanaan hari raya Nyepi.

"Persembahyangan bersama Tilem adalah rerahinan atau hari suci bagi umat Hindu yang dirayakan untuk memohon berkah dan karunia dari Ida Sang Hyang Widhi," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: