Prioritaskan 8 Permasalahan dan Isu Strategis

Prioritaskan 8 Permasalahan dan Isu Strategis

MUSREMBANG : Plt Bupati Muara Enim membuka musrembang pada kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2023.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Muara Enim memprioritaskan 8 permasalahan dan isu strategis untuk dituntaskan pada kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2023, di ball room hotel Grand Zuri Muara Enim, Senin 20 Maret 2023.

Pada kegiatan itu dihadiri Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Erim, Pj Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag Setda, Camat se-Kabupaten Muara Enim.

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, mengatakan Musrenbang tersebut merupakan, wadah untuk menyatukan semangat, hati dan pikiran dalam konteks menetapkan prioritas pembangunan kita, mengukur kinerja melihat indikator sampai dengan menargetkan apa-apa yang menjadi target capaian di tahun 2024.

Musrenbang ini merupakan penyelenggaraan atau implementasi dari amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan nasional dan juga permendagri nomor 86 tahun 2017.

BACA JUGA:Pembiaran Keselamatan Pelajar, Tiga Angdes Ditindak

"Pertemuan ini bukan hanya untuk menyatukan pemahaman akan target prioritas pembangunan tahun 2024. Tetapi memberikan singkronisasi dari pembangunan itu sendiri. Di dalam pembangunan tentu banyak kepentingan, baik kepentingan stakeholder dan lain sebagainnya. Namun muaranya tetap satu yaitu menuju Muara Enim lebih baik dan terdepan," pungkasnya.

Sementara itu, kepala Bappeda Muara Enim Ir Mat Kasrun, mengatakan musrenbang kabupaten bertujuan untuk membahas rancangan RKPD kabupaten yang dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, program dan kegiatan.

Selain itu, kata dia, musrembang juga merupakan rangkaian proses perencanaan pembangunan di Kabupaten Muara Enim tahun 2024, telah dimulai dari musrenbang tingkat desa, forum konsultasi publik, musrenbang kecamatan, dan forum perangkat daerah. 

Pada akhirnya, lanjut Mat Kasrun, tahun 2024 merupakan tahun pertama dari priode rencana pembangunan daerah, Kabupaten Muara Enim 2024, Terdapat 8 permasalahan dan isu strategis yang telah disusun dan diharapkan dapat dituntaskan pada priode tersebut.

BACA JUGA: Sopir Angkot Lemabang – Ampera OK, Pedestarian Sekanak Lambidaro Dibuka Pasar Beduk dan Jalan Ditutup

Diantaranya percepatan penurunan angka kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan kualitas pertumbuhan ekonomi, penguatan sektor pertanian, peningkatan infrastruktur dan unit konektifitas antar wilayah, peningkatan sanitasi dan air bersih, peningkatan kualitas dan profesionalisme ASN dan penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 serta penyelenggaraaan Pilkada.

Dengan tema stabilitas ekonomi dan peningkatan kualitas pelayanan dasar yang diarahkan untuk meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid l-19.

"Setidaknya ada empat prioritas pembangunan yaitu, mempercepat perolehan ekonomi masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan infrastruktur dasar lainnya, kualitas sumber daya manusia, kualitas lingkungan hidup,"urainya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: