Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Harus Lebih Sering Kenalkan Platform Teknologi

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Harus Lebih Sering Kenalkan Platform Teknologi

--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek, Muhamad Hasan Chabibie, mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan guru-guru yang tergabung sebagai Duta Teknologi dan Kapten Belajar.id untuk membumikan platform-platform teknologi untuk pendidikan yang sudah dikembangkan sejauh ini. Hal itu penting dilakukan untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Dengan para Duta Teknologi dan Kapten Belajar.id dari 34 provinsi ini kami berharap platform-platform kita yang sudah dikembangkan selama ini betul-betul lebih membumi, lebih dimanfaatkan, dan tentu memberikan kontribusi yang maksimal terhadap peningkatan kualitas pendidikan kita," ujar Hasan di Jakarta, Jumat 17 Maret 2023.

Perlu diketahui Pusdatin Kemendikbudristek memiliki tugas untuk mendayagunakan data dan teknologi informasi yang ada.

Di mana, beberapa di antaranya diwujudkan dalam bentuk platform-platform teknologi yang sebagian besar sudah diluncurkan beberapa waktu yang lalu, mulai dari Platform Merdeka Mengajar, Rapor Pendidikan, Rumah Belajar, dan pltaform teknologi untuk dunia pendidikan lainnya.

BACA JUGA:Truk Ekspedisi Terbakar di Ruas Tol Kayuagung-Palembang, Ruas Jalan Sempat Ditutup

"Kenapa kemudian kita bekerja sama dengan para Bapak-Ibu guru semua? Tentu saja kami sadar betul, aktor utama peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia adalah para guru dan situasi pandemi kemarin mengajarkan kepada kita bahwa teknologi menjadi bagian yang sudah tidak bisa terpisahkan," tegas Hasan.

Lewat kegiatan yang digelar oleh Pusdatin Kemendikbudristek dan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) selama empat hari, penguatan proses kolaborasi menjadi hal yang menjadi fokus utama.

Dengan demikian, kata dia, diharapkan implementasi dari Merdeka Belajar yang salah satunya menggunakan platform-platform teknologi yang ada benar-benar bisa berjalan cepat dan efisien.

"Terakhir, kami berharap mitra yang hari ini berkumpul bersama kami dari 34 provinsi adalah bagian yang tak terpisahkan dari peningkatan kualitas dan pemanfaatan dari platform digital tersebut,"tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: