RTH Taman Segitiga Emas Kayuagung, Tempat Santai Warga

RTH Taman Segitiga Emas Kayuagung, Tempat  Santai Warga

Taman Segitiga Emas Kayuagung. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki ruang terbuka hijau (RTH) yang berada di kawasan Taman Segitiga Emas KAYUAGUNG

Taman ini sangat asri dan indah, sehingga sering dijadikan masyarakat Kabupaten OKI khususnya Kayuagung untuk bermain dan bersantai. Terutama sore hari dan selalu ramai di hari weekend Sabtu dan Minggu. 

Di kawasan Taman Segitiga Emas tersebut, tepatnya di sudut segitiga menghadap ke arah Jalan Lintas Timur ada patung utama dengan ukuran besar. Dari kejauhan sangat terlihat jelas. 

Diungkapkan Kepala Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten OKI, Ir Asmar Wijaya melalui sekretaris Muhammad Iqbal, patung utama memiliki kesatuan, dirancang bila wisatawan berfoto, objek manusia yang berdiri di depan papan nama akan mendapat latar belakang patung secara utuh dan proporsional. 

"Patung utama bertajuk selamat dating terdiri lima figur yaitu ulama, profesional, sarjana/santri, petani dan nelayan. Kelima figur ini sebagai elemen yang memwakili masyarakat Kabupaten OKI," terang Iqbal, kepada SUMEKS.CO, Sabtu 18 Maret 2023.

Diceritakan Iqbal, figur ulama sangat popular dan selalu dekat dengan berbagai lapisan masyarakat OKI yang memiliki sifat religiusitas tinggi. Menjadi tumpuan dan pembimbing masyarakat dalam kehidupan keagamaan dan bermasyarakat. Patungnya ditampilkan dalam sosok laki-laki. 

Lalu untuk figur profesional adalah unsur penggerak yang sangat penting dalam perubahan sosial. Figur ini ditampilkan dalam sosok laki-laki yang melingkupi elemen berbagai profesi. 

"Untuk figur sarjana/santri dalam sosok perempuan ini merupakan perwujudan kaum intelektual yang menjadi kunci perubahan berbagai bidang kehidupan di OKI," katanya. 

Selanjutnya kata Iqbal, untuk figur petani juga sosok perempuan ini mewakili dunia pertanian dan perkebunan yang merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat OKI. Dimana umumnya bermukim di pedesaan. 

Lalu untuk figur nelayan, yakni selain mewakili lapisan masyarakat sekaligus menunjukkan kondisi alam OKI sebagai dataran rendah sisi timur Sumsel. Dimana mrmiliki banyak sungai, lebak, lebung dan pantai (laut). 

"Pemilihan sosok laki-laki atau perempuan pada figur figur diatas bukan berdasarkan pada supermasi jender namun semata untuk menonjolkan karakter dan kekhasan atribut yang dikenakan sang figur," jelas Iqbal. 

Sukadan

Ditegaskan Iqbal, patung yang dibuat ini jadi merupakan penggambaran dari kebersamaan dan tekad rakyat Kabupaten OKI dalam menyongsong dan menyambut masa depan gemilang (OKI Sejahtera Mandiri 2009).

Yakni sebagai simbol welcome (keramahan dan keterbukaan) masyarakat dalam menyambut kunjungan tamu maupun penanaman investasi. Dimana lima figur patung disusun secara ritmis dengan gerakan tangan melambai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: