Ng Tze Yong Pulangkan Viktor Axelsen, Ada Peran Pelatih asal Indonesia

Ng Tze Yong Pulangkan Viktor Axelsen, Ada Peran Pelatih asal Indonesia

Hendrawan. foto: muhammad naufal/jpnn.com--

BIRMINGHAM, SUMEKS.CO - Di luar dugaan, pebulutangkis Malaysia Ng Tze Yong berhasil menumbangkan raksasa asal Denmark Viktor Axelsen di babak 16 besar All England 2023

Bertanding di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Kamis 16 Maret 2023, Ng Tze Yong tampil moncer menekuk peringkat satu dunia itu lewat pertarungan rubber game 21-15, 9-21, 23-21. Peringkat 28 dunia yang disandang Ng Tze Yong tidak menghalanginya untuk memulangkan Viktor Axelsen. 

Moncernya penampilan Ng Tze Yong tidak lepas dari tangan dingin pelatih asal Indonesia. Ya, Hendrawan menjadi sosok di balik ciamiknya Ng Tze Yong pada turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini. Pelatih kelahiran 27 Juni 1972 itu mendapat tugas melatih Tze Yong setelah tunggal putra terbaik Malaysia, Lee Zii Jia memutuskan berkarier mandiri. Dengan menggunakan pendekatan kekeluargaan, Hendrawan mampu membawa Ng Tze Yong tampil moncer.

Tangan dingin Hendrawan mulai terlihat kala Tze Yong merebut perak Commonwealth Games 2022. Terkini, Hendrawan menaikkan kepercayaan diri Tze Yong ketika bersua Axelsen.

BACA JUGA:Babak Pertama All England 2023 Makan Korban, Juara Dunia 2021 Tumbang

Terlihat sepanjang jeda interval, pria asal Malang itu memberikan motivasi dan arahan kepada anak didiknya.

Nama Hendrawan sendiri sudah lama harum di Negeri Jiran dengan melahirkan beberapa pebulutangkis legendaris.  Salah satu nama beken yang dibesarkan Hendrawan ialah Lee Chong Wei. Bersama Hendrawan, pemain berakronim LCW itu mampu menorehkan sejumlah tinta emas, seperti medali perak Olimpiade Beijing 2008 hingga beberapa gelar BWF Super Series.

Setelah Lee Chong Wei, Lee Zii Jia juga sempat mengenyam program latihan Hendrawan sebelum akhirnya keluar dari BAM. Satu gelar All England 2021 yang didapat Zii Jia menjadi bukti bahwa Hendrawan pelatih tunggal putra yang patut diperhitungkan dunia. Saat ini Hendrawan tengah mengasah Tze Yong untuk menjadi pemain top.

Sebelum menghajar Viktor Axelsen, di babak 32 besar All England 2023, Ng Tze Yong menumbangkan wakil Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito 21-9, 21-12.

Selanjutnya, suksesor Lee Chong Wei itu akan menghadapi wakil China, Li Shi Feng di perempat final. Runner up German Open 2023 itu melangkah ke perempat final seusai menumbangkan rekan satu negaranya, Zhao Jun Peng dengan skor 21-9, 21-17.(bwf/mcr16/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: