Program Agrosolution Pusri Palembang Tingkatkan Produksi Sawit di Banyuasin

Program Agrosolution Pusri Palembang Tingkatkan Produksi Sawit di Banyuasin

Ilustrasi--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pusri Palembang sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) hadir pada Rapat Anggota Tahunan ke-11 Koperasi Tunas Mekar Sari Jaya (TMSJ) Tahun Buku 2022.

Koperasi Tunas Mekar Sari Jaya telah bekerja sama dengan Pusri melalui Program Agrosolution/ Makmur sejak Tahun2020. Harapannya dapat memaksimalkan produksi sawit petani. Khususnya yang masih di bawah rata-rata.

Tampak hadir, Wakil Bupati Banyuasin H.Slamet Somosentono, Perwakilan Apkasindo IM Yunus, Ketua Koperasi TMSJ Drs.Asep Saeful Adha,VP Agrosolution Prima Novandino Sharma, dan stakeholder lainnya.

BACA JUGA:DPRD Muba Sampaikan Laporan Hasil Reses II Tahun 2023

''Di rapat anggota tahunan agenda wajib tahunan. Juga jadi ajang mencari masukkan dan saran. Sehingga memberikan manfaat bagi para anggota RAT demi lebih meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani Sawit binaan Koperasi TMSJ,'' kata Asep.

Menurut Asep, program Makmur ini tertuju pada pengembangan konsep ekosistem pertanian hulu hilir menjadi lebih terarah. Salah satunya seperti mengadakan kegiatan sekolah tani sebagai salah satu program yang sangat memberikan manfaat yang baik bagi petani Sawit anggota Koperasi TMSJ.

''Mulai dari pendampingan kepada petani mengenai cara berbudidaya Kelapa Sawit yang baik, rekomendasi pemupukan melalui  uji tanah dan daun, dan tentunya mendapatkan pupuk dengan kualitas yang terbaik.''

Produksi sawit anggota Koperasi TMSJ pada tahun 2022 mencapai rata-rata 25 ton/ha/tahun. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya 22.9 ton/ha/tahun dengan peringkat produktivitas tertinggi di Desa binaan Nusa Makmur dengan produksi 30 ton/ha/tahun, ujar Asep.

BACA JUGA:Pusri Palembang Telah Salurkan Pupuk Bersubsidi Hampir 400 Ribu Ton

Wabup Banyuasin Slamet Sumosentono menyebutkan jika koperasi sudah berjuang untuk memikirkan kesejahteraan petani. ''Harus terus dijaga dan ditingkatkan.''

Koperasi TMSJ merupakan Koperasi dengan produktivitas Sawit tertinggi di Kabupaten Banyuasin dan Koperasi ini harus proaktif untuk meningkatkan perekonomian.

Sementara itu VP Agrosolution Pusri Prima Novandino Sharma mengatakan jika Program Makmur dari Pusri mendapat respon baik dan positif dari petani. Sehingga petani bisa lebih banyak tahu dan memahami pentingnya pupuk karena mendapatkan pendampingan, rekomendasi, dan edukasi bagaimana budidaya sawit yang baik.

'' Semoga keistimewaan program Makmur ini dapat dinikmati secara berkelanjutan, sehingga petani anggota binaan Koperasi TMSJ dapat lebih makmur dan sejahtera" ujarnya

Di awal tahun 2023 ini, PT Pusri Palembang akan melakukan sekolah tani dengan narasumber tenaga ahli berpengalaman yang harapannya adalah penyegaran wawasan kepada petani Sawit agar dapat berbudidaya sawit yang lebih baik lagi dengan luasan binaan Koperasi TMSJ seluas 1.800 ha. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: