Ziarah Kubro Palembang, Berkah Bagi Pedagang

Ziarah Kubro Palembang, Berkah Bagi Pedagang

Peserta Ziarah Kubro berbelanja pada pedagang. Foto: edy Handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ziarah kubro yang digelar tak hanya menjadi agenda besar dikalangan Awaliyin dan masyarakat Palembang. Namun, ziarah yang dilaksanakan membawa berkah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ribuan peziarah terus berdatangan untuk mengikuti ziarah kubro di hari kedua yang dilaksanakan di pemakaman Habib dan Aulia Komplek Assegaf 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang, sekaligus Haul Habib Abdurrahman bin Alwi Assegaf, Sabtu 11 Maret 2023.

Di sepanjang jalan menuju komplek pemakaman, disebelah kiri dan kanan juga berjejer para pedagang perlengkapan salat diantaranya Kopiah, Baju Kokoh, Tasbih, dan lainnya. Tak hanya itu, terlihat juga pedagang pempek sepeda dan es berada sebelum gerbang komplek pemakaman.

BACA JUGA:Rangkaian Terakhir Hari Pertama Ziarah Kubro, Ribuan Jemaah Memadati Pemakaman Aulia di Telaga Swidak

Sulaiman, salah satu pedagang mengatakan, adanya ziarah kubro yang dilaksanakan dalam beberapa hari ini sangat terasa dampak positifnya dari segi ekonomi. Seperti contoh, pempek yang yang biasa dibawa berjumlah 250, kini meningkat menjadi 500 dan semuanya laku terjual.

"Alhamdulillah, dampaknya sangat terasa. Untuk penjualan meningkat 100 persen," kata Sulaiman dibincangi SUMEKS.CO.

Kendati hanya berlangsung beberapa hari, Sulaiman mengatakan banyak peziarah dari luar daerah seperti Provinsi Lampung dan Jambi, memesan pempek kepadanya untuk dibawa ke daerahnya masing-masing.

"Ada juga tadi yang beli pempek sekaligus untuk dibawa ke daerahnya," ujar Sulaiman.

BACA JUGA:Ziarah Kubro Hari Kedua, ini Agendanya

Ridho, pedagang Kopiah menambahkan, dua hari terakhir sejak ziarah kubro digelar, dagangannya juga banyak terjual. Setidaknya, sudah 50 kopiah yang laku terjual dibeli para peziarah.

"Dari hari pertama ziarah kubro di Komplek Pemakaman Al Habib Ahmad bin Syech Syahab, kurang lebih 50 sudah terjual," bebernya.

Diketahui, ziarah kubro ini sudah dilaksanakan sejak Jumat 10 Maret 2023. Diawali dengan ziarah ke makam Habib Ahmad bin Syech Syahab. Kemudian, dihari kedua ini, ribuan jemaah Ziarah Kubro mengikuti tiga rangkaian acara yakni pembacaan Burdah di kediaman sohibul Aulia Habib Ahmad bin Hasan Al Habsyi, di Kampung Al Habsyi Lorong BBC Kelurahan 12 Ulu Palembang.

Selanjutnya, pada pukul 9.30 Wib sampai dengan selesai, ribuan jemaah kembali mengikuti ziarah kubro di pemakaman Habib dan Aulia Komplek Assegaf 16 Ulu Kecamatan SU II Palembang, yang kemudian dilanjutkan dengan Haul Habib Abdurrahman bin Alwi Assegaf.

BACA JUGA:Pelaksanaan Ziarah Kubro di Pemakaman Aulia dan Habaib di Telaga Swidak Berlangsung Khidmat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: