Mau Beasiswa S2 ke Luar Negeri? Ikuti Program Kemenkominfo

Mau Beasiswa S2 ke Luar Negeri? Ikuti Program Kemenkominfo

Sosalisasi beasiswa S2 Kemenkominfo RI di Palembang. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kabar gembira bagi PNS dan sarjana S1 yang ingin melanjutkan pendidikan S2. Sebab, Kemenkominfo RI membuka program untuk beasiswa dalam maupun luar negeri.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mensosialisasikan program beasiswa pendidikan S2 Tahun 2023 bagi masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan baik di dalam maupun luar negeri di Palembang.

Sosialisasi digelar di Hotel The Zuri Palembang, Kamis 9 Maret 2023, dihadiri langsung Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo Haryati.

Haryati menjelaskan sosialisasi pembukaan program beasiswa pendidikan S2 Tahun 2023 oleh Kemenkominfo diikuti oleh PNS dari pemerintah daerah, UPT dari Kementerian dan masyarakat umum di kota ini yang berminat untuk mendaftarkan diri.

BACA JUGA:Segera Bikin Akun Pendaftaran Beasiswa LPDP, Kuota Penerima Lebih Besar di Tahun 2023

”Terdapat tiga tingkat kemampuan Literasi Digital yaitu Basic Digital Skill, Intermediate Digital Skill, dan Advance Digital Skill. Program beasiswa pendidikan S2 Tahun 2023 oleh Kemenkominfo dilaksanakan untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM pada tataran Advance Digital Skill melalui program pendidikan bergelar.” kata Haryati ketika menyampaikan kata sambutan.

Haryati menuturkan, program beasiswa yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007 ini merupakan beasiswa yang fokus pada pemberian pendidikan pascasarjana di bidang komunikasi dan informatika.

”Program ini telah membiayai lebih dari 2.800 masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan pascasarjana.Target pelamar program beasiswa Tahun 2023 ini dibuka bagi PNS, anggota TNI/POLRI, dan masyarakat umum non-PNS dari kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian (LPNK) BUMN, swasta, hingga pelaku start up yang bekerja di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” tuturnya.

Masih kata Haryati, Kemenkominfo berkomitmen untuk membantu meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia serta menyiapkan ketersediaan sumber daya manusia unggul di bidang TIK bagi industri dan instansi pemerintahan.

BACA JUGA:BRI Kembali Buka Kesempatan Beasiswa S2 Bagi Journalist

Untuk mencapai tujuan tersebut, Kemenkominfo bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia yaitu Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Andalas, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Sebelas Maret, dan Universitas Hasanuddin. 

Komponen beasiswa yang diberikan yakni dana pendidikan, bantuan biaya operasional yang dapat digunakan sebagai dukungan biaya hidup, biaya tesis, dan biaya publikasi jurnal ilmiah dan keikutsertaan pada konferensi internasional.

Kemekominfo juga bermitra dengan perguruan tinggi di lima negara untukmenyediakan Program Beasiswa S2 Luar Negeri yaitu University of Twente-Belanda, Tsinghua University-RRT, International Institute of Information Technology (IIITB-India), Eotvos- Lorand University-Hongaria, dan The University of Electro Communication (UEC)-Jepang yang merupakan perguruan tinggi tujuan studi untuk pembukaan Program Beasiswa S2 Luar Negeri.

Adapun komponen beasiswa Program Beasiswa S2 Luar Negeri yang diberikan mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya penempatan awal, biaya perjalanan kedandari negara tujuan studi, asuransi kesehatan, dana batuan tesis dan tunjangan keluarga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: