Ziarah Kubro, ini Sejarah Makam Ulama Penyebar Islam di Palembang

Ziarah Kubro, ini Sejarah Makam Ulama Penyebar Islam di Palembang

Ilustrasi. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Diperkirakan puluhan ribu jemaah, baik dari dalam maupun luar negeri akan menghadiri tradisi ziarah kubro PALEMBANG yang akan diselenggarakan pada 10-12 Maret 2023 mendatang.

Ziarah kubro adalah kegiatan rutin setiap tahunnya, yang dilaksanakan masyarakat Kota Palembang khususnya para ulama atau habib secara bersama-sama, menjelang 10 hari terakhir di bulan Sya'ban.

Adapun dalam kegiatan Ziarah Kubro, biasanya para ulama dan habib berziarah mengunjungi makam-makam ulama terkemuka di Kota Palembang. Seperti pemakaman habib di daerah Kambang Koci, Kawah Tekurep hingga pemakaman ulama di Telaga Swidak.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut asal usul nama daerah tempat dimakamkannya para ulama yang telah mensyiarkan agama Islam di Bumi Sriwijaya dalam rangkaian  Ziarah Kubro Palembang.

BACA JUGA:Jelang Ziarah Kubroh Kompleks Pemakaman Al Habib Ahmad bin Syech Bin Shahab, Dibersihkan

1. Pemakaman Kambang Koci.

Pemakaman Kambang Koci adalah salah satu areal makam yang terletak di Jl Perintis Kemerdekaan, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang.

Penamaan Kambang Koci sendiri konon berasal dari kata Kambang yang artinya kolam, sedangkan Koci artinya adalah sekoci atau perahu. Sehingga dahulunya area pemakaman tersebut adalah tempat untuk mencuci perahu.

Kompleks makam Kambang Koci merupakan pemakaman para raja atau sultan yang berasal dari Kesultanan Palembang, yang konon katanya terdapat makam putra-putri dari Sultan Mahmud Badaruddin I.

Selain itu, di Kambang Koci juga turut dimakamkan para ulama dan wali  hingga membuat peziarah datang ke tempat ini. Diantaranya Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdor, Habib Muhammad bin Husin Al-Idrus, Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi, Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf, serta banyak lagi Habib terkemuka lainnya dimakamkan di Kambang Koci.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Dukung Ziarah Kubro

Oleh karena banyaknya para ulama dan wali yang dimakamkan di Kambang Koci, banyak para Habaib dari Yaman atau Hadramaut menyebut Kambang Koci sebagai Zanbal yang diartikan sebagai pemakaman wali di Kota Tarim.

Dan Kota Palembang dijuluki oleh para Habaib sebagai Hadramaut Tsani atau Hadramaut kedua.

2. Pemakaman Kawah Tekurep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: