Peringatan HPSN 2023, DLHK Palembang-BNI Tandatangani Nota Kesepahaman

Peringatan HPSN 2023, DLHK Palembang-BNI Tandatangani Nota Kesepahaman

Ahmad Mustain memilah sampah bernilai ekonomis, Rabu 8 Maret 2023. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dinas Lingkungan Hidup Kota dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023. Peringatan HPSN digelar di Bank Sampah Sakura Talang Kelapa Palembang, Rabu 8 Maret 2023.

Ketua Pelaksana HPSN 2023, Dr Winry Vient Eka Deni mengatakan pada hari ini merupakan peringatan hari puncak HPSN terdapat beberapa rangkaian acara. 

"Terdapat beberapa kegiatan pada HPSN tahun ini, antara lain goes zero emissions, senam sehat zero waste, dilanjutkan acara compost day, lomba foto menabung sampah. Puncaknya pada hari ini," kata Winry kepada SUMEKS.CO.

Winry juga mengungkapkan, pada hari puncak ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Bank Sampah DLHK Kota Palembang dengan Bank BNI.

BACA JUGA:Menengok Bank Sampah Kenanga Palembang, Terima Tabungan Sampah Anorganik untuk Produksi Kerajinan Omzet Jutaan

"Selama ini menabung sampah masih konvensional atau dicatat dengan buku tabungan biasa. Di sini kami bekerja sama agar sampah yang ditabung masuk langsung di tabungan nasabah. Ini menjadi yang pertama di Kota Palembang," ujarnya.

Winry menuturkan, pada hari puncak HPSN 2023 ini juga terdapat pemilahan dan menabung sampah."Selain pemilahan sampah. Hari ini juga pengumuman lomba foto yang diikuti ratusan masyarakat Kota Palembang melalui Instagram, ada hadiah uang pembinaan dan voucer," tuturnya.

Sementara Kepala DLHK Kota Palembang, Ahmad Mustain berharap pada HPSN 2023 agar masyarakat Kota Palembang kiranya memiliki pola pikir terhadap sampah bernilai ekonomis.

"Saya harap orang Palembang kalau melihat sampah adalah duit atau sumber peningkatan kesejahteraan. Sehingga sampah yang ada tidak sampai ke TPA. Terlebih, TPA ini pada saatnya bertemu titik penuh yang tidak bisa menampung lagi," ucapnya.

BACA JUGA:Keluarkan Anggaran Rp 6 Miliar, Untuk Atasi Masalah Sampah

Sementara itu, Pemimpin Bidang Pemasaran BNI Cabang Palembang Wilayah 03, Wulan Kurnia mengucapkan terima kasib atas kerja sama dengan DLHK Palembang.

"Secara garis besar, kami mendukung HPSN ini. Kemudian mendukung program DLHK yakni menjadikan sampah memiliki nilai ekonomis dan mengurangi jumlah sampah di Palembang," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: