ASN Pensiun tak Perlu Galau, Taspen Punya Program Baru

ASN Pensiun tak Perlu Galau, Taspen Punya Program Baru

Endang Lestariningsih. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kabar gembira untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki usia pensiunASN yang akan memasuki usia pensiun tidak perlu galau. Hal itu dikarenakan PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Sosial Pegawai Negeri memiliki beragam program yang bisa dimanfaatkan. 

Program tersebut seperti program Taspen Dwiguna Sejahtera (TDS), Taspen Smart Save (TSS), Taspen Save (TS), Taspen Proteksi Beasiswa (TPB), serta produk-produk investasi sekaligus proteksi asuransi jiwa. 

"Program-program ini meningkatkan kesejahteraan para peserta Taspen," kata Branch Manager PT Taspen (Persero) Cabang Palembang Endang Lestariningsih kepada awak media, Selasa 7 Maret 2023.

Endang Lestariningsih menjelaskan, tidak hanya mereka yang sudah pensiun, Taspen juga meluncurkan program rumah murah bagi ASN aktif. 

BACA JUGA:Oknum PNS Diringkus Saat Makan di KFC, Diduga Tipu Pemborong Ratusan Juta

Program tersebut bekerja sama dengan beberapa lembaga lainnya. Seperti Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemerintah Daerah, Korpri, BP Tapera, Taspen Properti, Bank Mandiri Taspen, dan lainnya. 

"Hal ini kami lakukan semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan PNS di masa purna tugas maupun PPPK pada saat berakhir masa kontrak," jelasnya.

Endang Lestariningsih menuturkan, peningkatan manfaat bagi ASN yang purna maupun masih aktif dikuatkan melalui surat dari Kemendagri RI, Yakni surat per tanggal 31 Mei 2022 nomor : 842.1/2943/ SJ yang ditujukan kepada seluruh gubernur, bupati, dan wali kota seluruh Indonesia. 

Di sisi lain, Taspen juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat secara umum. Tepatnya melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

Bagi ASN maupun masyarakat umum yang ingin membuka usaha atau memperluas usahanya, dapat memanfaatkan pinjaman modal usaha dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan bunga bank. 

BACA JUGA:Pemkot Palembang tak Rekrut CPNS Tahun ini

"Taspen juga memberikan bantuan pembangunan atau renovasi tempat ibadah, renovasi rumah warga yang tergolong ekonomi menengah ke bawah, santunan anak yatim, serta program sosial lainnya," ucapnya.

Endang Lestariningsih menyebutkan, untuk optimalisasi pelayanan dan kesejahteraan kepada peserta. Taspen telah melakukan perjanjian kerjasama  dengan mitra bayar/ perbankan dalam hal pembayaran Tabungan hari tua (THT), Pensiun, Jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) melalui digitalisasi layanan.

"Dengan harapan peserta bisa mengambil uang pensiun dari manapun tidak harus datang ke kantor bayar setelah melakukan autentikasi," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: