Siaran TV Analog di Sumsel Dihapus, ini 4 Daerah Terdampak

Siaran TV Analog di Sumsel Dihapus, ini 4 Daerah Terdampak

Siaran TV analog. foto: dendi romi sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Siaran TV Analog di Sumatera Selatan (Sumsel) 1 yang meliputi Kota PALEMBANG, Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir (OI), dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), pada 20 Maret 2023 mendatang resmi dicabut dan digantikan siaran digital.

Mulai 20 Maret 2023 mendatang, secara bertahap siaran analog, khususnya empat wilayah di Sumsel tak dapat digunakan lagi. Pasalnya, pemerintah bakal mengalihkan seluruh siaran analog ke digital.

"Rencananya, semua saluran analog akan dimatikan pada 20 Maret 2023 pukul 24.00," kata Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Geryantika Kurnia, Senin 6 Februari 2023.

Diketahui, empat daerah yang mulai dibelakukan penggunaan siaran digital pada 20 Maret 2023 yakni, Kota Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten OKI.

BACA JUGA:Siaran TV Analog di Sumsel Dimatikan, Begini Cara Setting STB

Di lain sisi, sebanyak 16.162 Set Top Box (STB) akan dibagikan kepada masyarakat di Bumi Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin. 

"Itu kuota STB di Banyuasin," kata Salni Fajar, Kadis Komunikasi Informatika Banyuasin melalui Gusti Kabid APTIKA.

Gusti menambahkan jumlah STB itu sendiri bukan usulan dari pemerintah kabupaten Banyuasin, tapi memang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat siapa saja penerima STB.

"Data penerima STB dari pusat langsung ke vendor," imbuhnya.

Sementara, Kabupaten OKI mendapatkan kuota sebanyak 14.820 unit bagi masyarakat secara gratis yang tersebar di 18 kecamatan. 

BACA JUGA:TV Analog Dimatikan, Palembang Belum Dapat Giliran

“Untuk wilayah Kabupaten OKI, didistribusi STB sebanyak 14.820 unit secara gratis,” kata Pengurus PT NCT Cargo Ikhwanu Reza, Senin 27 Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: