Kunjungi Sentra Tenun di Ogan Ilir Bareng Ketua DPR RI, Ini yang Menjadi Perhatian Anggota DPRD Sumsel

Kunjungi Sentra Tenun di Ogan Ilir Bareng Ketua DPR RI, Ini yang Menjadi Perhatian Anggota DPRD Sumsel

Ketua DPR RI, Puan Maharani, didampingi sejumlah anggota DPRD Sumsel dari PDIP bersama petinggi PDIP saat berkunjung ke sentra tenun di Desa Muara Penimbung, Kabupaten Ogan Ilir. Foto: dokumen/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Sentra tenun yang berada di Desa Muara Penimbung Kecamatan Indralaya Kabupaten OGAN ILIR, menjadi salah satu tujuan kunjungan Ketua DPR RI, Puan Maharani, ke Kabupaten OGAN ILIR, kemarin.

Salah satu pendamping Ketua DPR RI ke sentra tenun Desa Muara Penimbung Kabupaten Ogan Ilir adalah Anggota DPRD Provinsi Sumsel dari PDI Perjuangan, Rita Suryani. 

Banyak hal yang menjadi perhatian Rita saat melihat langsung sentra tenun di Desa Muara Penimbung tersebut. Antara lain, kualitas produksi yang harus ditingkatkan.

"Tentu kualitasnya harus ditingkatkan terus, sehingga tenun dari Ogan Ilir ini dapat bersaing dengan produk dari daerah lain," kata Rita, Minggu, 5 Maret 2023.

BACA JUGA:Mahasiswa Universitas Sriwijaya Sampaikan 8 Poin Aspirasi ke Ketua DPR RI Puan Maharani

Menurut Rita, yang paling penting juga pelaku UMKM harus memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produknya. 

Sehingga, calon pembeli dari daerah lain dapat dengan mudah memperoleh produk tenun dari Ogan Ilir.

"Kalau tidak melek teknologi, bagaimana produk kita dikenal masyarakat luar daerah. Jadi, para pengrajin harus memahami itu," tambah Ketua TP-PKK Kabupaten Musi Rawas Utara ini.

Rita mengungkapkan, DPRD Provinsi Sumsel akan memberikan dukungan dan mendorong pelaku UMKM untuk produksi tenun. 

BACA JUGA:Puan Maharani Ajak Mahasiswa Unsri Jaga Keberagaman

Karena, menurut Rita, tenun ini sudah menjadi salah satu mata pencaharian warga Desa Muara Penimbung.

"Karena dari sinilah para pengrajin tenun mendapatkan pundi-pundi uang untuk membiayai kehidupan mereka dan keluarga. Tenun di sini juga menjadi salah satu tenun kebanggaan masyarakat Sumsel," katanya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga memberikan perhatian serius kepada pelaku UMKM yang bergerak di bidang tenun songket, sehingga pelaku UMKM semakin berkembang dan maju.

Dalam kunjungan Puan Maharani ke sentra tenun di Desa Muara Penimbung, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumsel, Giri Ramanda Kiemas, anggota DPRD Provinsi Sumsel lainnya Tina Melinda, serta para petinggi PDI Perjuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: