Pemkab OKU Timur Bangun Jembatan Sungai Bengkulah Gunung Batu

Pemkab OKU Timur Bangun Jembatan Sungai Bengkulah Gunung Batu

--

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Guna kepentingan masyarakat serta Menindaklanjuti usulan dari masyarakat itu sendiri pemerintah kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PU-TR) kabupaten OKU Timur provinsi Sumatera selatan merealisasikan pembangunan Jembatan sungai bengkulah di desa gunung batu.

Jembatan tersebut yang di ketahui mempunyai Diameter panjang 12 Meter dan lebar 6 meter ini, nantinya akan menghubungkan akses transportasi ke lahan perkebunan dan lahan pertanian masyarakat yang ada di Desa Gunung batu dan sekitarnya.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur Ir, Aldi Gurlanda, S.T, M.M melalui PPK ,(Pejabat pembuat komitmen) Hermansyah, S.T dan di dampingi PPTK serta pengawas pekerjaan tersebut mengatakan pada wartawan,” Jumat 10 Februari 2023” Bahwa di bangun nya Jembatan penghubung di atas Sungai Bengkulah, yang Berada di Desa Gunung Batu kecamatan Cempaka tersebut sudah berdasarkan usulan dari masyarakat setempat melalui Proposal yang masuk ke Dinas PUTR OKU Timur, dan juga usulan proposal tersebut telah di setujui masyarakat itu sendiri, di ketahui oleh pemerintah Desa setempat.

“Inikan Usulan dari Masyarakat Desa dan tujuannya untuk kepentingan warga sendiri agar dapat di bangunkan sebuah jembatan penghubung yang melintas di atas sungai bengkulah, dinas PUTR pun menindaklanjuti, sehingga saat ini bisa terialisasi, Jelas Hermansyah.

BACA JUGA:Warga Binaan Lapas Sekayu Dibekali Skill Pembuatan Mebel dan Diberi Sertifikat

Perlu juga kita ketahui kata Hermansyah selaku PPK, ” Realisasi pembangunan Jembatan sungai bengkulah ini, sipatnya secara bertahap, di tahun 2022, baru sebatas konstruksi abutsmen (Tiang) saja, yang baru di realisasikan dengan mengunakan Dana Anggaran Bantuan Gubernur (Bangub) sumsel, dengan nilai kontrak sebesar Rp.933,963.000,-00, yang di kerjakan oleh pihak ketiga(kontraktor) yaitu CV.Arya Pratama, semua sudah melalui proses lelang, dan insya allah tahun 2023 ini akan di lanjutkan kembali pembangunan nya, kita tinggal menunggu dananya saja, sehingga nantinya bilamana sudah selesai 100%, Jembatan sungai bengkulah ini akan dapat di lalui masyarakat sepenuhnya, Ungkap PPK Hermansyah.

Jembatan ini berguna, lanjut Hermansyah,” untuk akses transportasi penghubung penyeberangan masyarakat untuk mengeluarkan hasil pertanian maupun perkebunan, nantinya juga melalui jembatan ini masyarakat juga bisa terhubung ke daerah lain, mengingat selama ini jembatan penghubung yang ada hanya terbuat dari kayu bukan permanen, yang rentan akan keselamatan warga saat melintas, Beber Hermasyah.

Sementara, kepala Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka Hasanuddin Menambahkan, Bahwa Jembatan Yang di bangun di atas sungai bengkulah tersebut memang bertujuan Untuk Kepentingan Warga, karena itu adalah akses penghubung ke tempat perkebunan maupun pertanian masyarakat di sini,, ucap kades.

“Sebelumnya kan, Sungai bengkulah ini pernah di Normalisasi, jadi kita usulkan kembali untuk dapat di bangunkan jembatan penyeberangan (penghubung) kepada pemerintah daerah OKU Timur (Dinas terkaitnya) dan alhamdulilah, terialisasi, tutup kades.

BACA JUGA:Berakhir Pekan di Bioskop, Ini Film yang Dapat Ditonton

Sementara di tempat terpisah Anggota DPRD OKU Timur Partai PDI.P Dapil Cempaka Samsudin Hasan, SE melalui jaringan telepon seluler Sabtu 11 Februari 2023, mengatakan,” terkait adanya pembangunan jembatan sungai bengkulah di desa Gunung batu dari pemerintah kabupaten OKU Timur, Ia sangat mengapresiasi.

” Ya, di bangunkan nya jembatan tersebut tentunya ada tujuan, kan, semua jelas untuk kepentingan warga, kata samsudin.

Memang selama ini ada jembatan, tetapi bukan permanen, tentunya itu rentan keselamatan, jembatan yang lama itu sudah lapuk dan tak layak lagi untuk di lintasi, ucapnya lagi.

Jembatan sungai bengkulah tersebut menghubung ke lahan perkebunan maupun pertanian yang ada di daerah itu, andai tidak ada jembatan,bagai mana masyarakat mau beraktipitas ke kebun maupun ke sawah, ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: