Tradisi Betangas Calon Pengantin di Sumsel, Bahan Mudah Dibeli

Tradisi Betangas Calon Pengantin di Sumsel, Bahan Mudah Dibeli

Calon pengantin wanita sedang melakukan tradisi betangas.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Keberagaman budaya serta tradisi terutama menjelang upacara adat pernikahan di Indonesia, memiliki ciri dan keunikan diantaranya tradisi betangas.

Dikutip dari berbagai sumber informasi, Betangas diartikan dalam bahasa Indonesia yakni mandi uap dengan rebusan berbagai rempah-rempah, yang sering dilakukan kedua calon mempelai sebelum menggelar pesta pernikahan.

Tradisi betangas sendiri umumnya masih banyak dijumpai dan digunakan oleh rumpun adat Melayu di beberapa bagian wilayah di Indonesia. Termasuk di Provinsi Sumatera Selatan.

Prosesi betangas oleh pengantin pria dan wanita layaknya sauna atau spa ini, konon bertujuan untuk membuang sial atau aura negatif dan memberikan keharuman khas bagi tubuh kedua calon pengantin.

BACA JUGA:Cegah Perceraian, Pasangan Calon Pengantin di OKI Diwajibkan Ikut Bimbingan Perkawinan

Adapun tradisi betangas menurut tata cara khusunya tradisi di Sumatera Selatan biasanya dilakukan tiga hari sebelum hari pernikahan, dengan merebus segala macam rempah sebagai campuran untuk mandi uap.

Rempah-rempah yang direbus untuk diambil uapnya, biasanya terdiri dari serai wangi, daun pandan, akar jawa, pucok ganti dan mesuik, serta rempah-rempah lainnya.

Di rumah masing-masing, calon mempelai pria dan mempelai wanita akan duduk di atas uap rempah-rempah tersebut yang mana sebelumnya telah direbus terlebih dahulu.

Agar uap dari rempah tersebut meresap ke seluruh tubuh, calon mempelai laki-laki dan perempuan sembari duduk masing-masing diselimuti dengan kain tebal dan tikar menutupi seluruh tubuh. 

Biasanya prosesi betangas oleh kedua calon mempelai dilakukan paling lama satu jam, atau hingga seluruh tubuh mengeluarkan keringat.

BACA JUGA:Calon Pengantin Pria Wajib Tahu, Begini Tahapan Pernikahan Adat Palembang

Sebagian besar masyarakat Sumatera Selatan, khususnya adat orang Palembang percaya bahwa tradisi betangas bagi calon pengantin tubuh akan terasa lebih bugar hingga menjelang acara resepsi pernikahan.

Untuk rempahnya sendiri, sekarang sudah banyak disediakan di toko-toko perlengkapan pernikahan di Kota Palembang, diantaranya di jejeran toko Jl Letkol Iskandar tepatnya di depan JM Pasaraya.

Rempah-rempah betangas sudah dijual dalam satu kemasan, sehingga tidak kita tidak perlu repot-repot lagi tinggal direbus dalam panci besar, untuk diambil uapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: