Kemenkumham Babel Gelar Rakernis Pemasyarakatan, Ini Yang Dibahas

Kemenkumham Babel Gelar Rakernis Pemasyarakatan, Ini Yang Dibahas

--

SUMEKS.CO - Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sahata Marlen Situngkir, Rabu 1 Maret 2023 mengatakan dalam rangka meningkatkan kinerja keamanan dan ketertiban, pembinaan serta meningkatnya kualitas SDM Pembimbing Kemasyarakatan, pihaknya telah lakukan Rakenis Pemasyarakatan, Selasa 28 Februari 2023. 

Temanya adalah mewujudkan Transformasi Pemasyarakatan di Babel semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif (PASTI) dan BerAKHLAK.

Pesertanya sebanyak 70 orang yang terdiri dari kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Babel dan para pejabat teknis terkait.

Dalam Pelaksanaan Rakernis Pemasyarakatan, mengangkat perubahan paradigma pemasyarakatan dengan menyesuaikan perubahan sistem pemasyarakatan sesuai UU No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan UU No.1 Tahun 2023 tentang KUHP, dan pelaksanaan Pelayanan Tahanan, Pembinaan Warga Binaan serta pembimbingan Klien Pemasyarakatan pasca pandemi Covid 19 menuju endemi.

BACA JUGA:Akui Nikah Siri dengan Teddy Minahasa, Linda Pujiastuti: Dikapal Tidur Bersama

Menurut Marlen Situngkir, materi Rakernis ini terkait Rencana Kerja dan Program Kerja Ditjen Pemasyarakatan, Sosialisasi Pedoman Pembentukan dan Penyelenggaraan Griya Abhipraya dalam Rangka Meningkatkan Pemberdayaan Klien Pemasyarakatan. Selajutnya tentang Strategi Pelaksanaan Deteksi Dini dan Penanggulangan Bencana.

Kemudian juga dibahas Strategi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Indikator Kinerja Kunci (IKK), serta atensi khusus Sistem Data Base Pemasyarakatan (SDP).

 Ketika Membuka kegiatan, Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto meminta kepada jajaran pemasyarakatan untuk melakukan deteksi dini, meningkatkan sinergi dengan Aparat Penegak Hukum, dan berantas narkoba.

“Hindari adanya HP illegal dan jangan ada petugas yang berhubungan keuangan dengan WBP, ” pinta Harun yang merupakan Putra Bangka kelahiran Belinyu tersebut.

BACA JUGA:Dua Jabatan di Polres PALI Dirotasi, Ini Pesan AKBP Khairu Nasrudin

Selanjutnya Harun minta jajarannnya agar bermitra dengan semua pemangku kepentingan, termasuk dengan media.

Lalu melakukan publikasi kinerja yang positif, dan lakukan respon cepat atas segala pengaduan dan ketidakpuasan masyarakat.

Harun juga meminta seluruh jajarannya untuk menyukseskan target kinerja, dan perjanjian kinerja.

“Untuk jajaran Lapas dan Rutan agar segera bentuk Klinik Kesehatan Pratama, layanan dapur WBP yang laik higienis dan bersertifikat halal, serta agar semua WBP tahanan memiliki e-KTP sehingga bisa gunakan hak politiknya pada Pemilu 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: