Gelar Sedekah Bedusun

Gelar Sedekah Bedusun

--

SANGA DESA, SUMEKS.CO - Pemerintah Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa, Minggu (28/2) gelar Sedekah Bumi atau Sedekah Bedusun. Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Raya At Taqwa tersebut dihadiri langsung oleh Camat Kecamatan Sanga Desa Hendrik SH MSi serta ratusan masyarakat Desa Tanjung Raya 

Sedekah Bedusun atau Tepung Dusun adalah kearifan lokal dan tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa.

Sedekah Bedusun ini merupakan bentuk rasa syukur sekaligus muhasabah atau introspeksi diri, agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT Sang Maha Pencipta atas semua karunia yang diberikan pada hambanya. 

"Dengan harapan keberkahan akan selalu limpahkan oleh Allah SWT, dengan berdoa, Tahlil, Tahmid, dan Takbir. Insyaallah kita akan dilimpahkan kebaikan," ungkap Kepala Desa Tanjung Raya Sulaiman SH.

Lebih lanjut Kades mengatakan, sedekah bedusun ini juga wujud rasa syukur karena di Desa Tanjung Raya sebentar lagi akan dibangun Sekolah SMP oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba. 

"Selain Sekolah, di Desa Tanjung Raya juga akan dibangun Lapangan Olahraga atau Sport Centre oleh Dispopar. Lokasinya di areal belakang masjid seluas 1,6 hektar yang telah siap dibangun oleh Dinas terkait melalui APBD. Ini merupakan istiadat sebagai simbol rasa syukur kita kepada Allah SWT. Tidak ada dalam ajaran agama islam, jangan salah memaknainya dan jangan ada kata bahwa menggelar sedekah ini karena percaya hal lain. Itu syirik dilarang agama," katanya.

Pantauan di lapangan kegiatan diawali dengan penyembelihan Kambing sebagai simbol keikhlasan, kemudian dilanjutkan dengan berdoa dan bersholawat bersama masyarakat dengan keliling desa secara bersama-sama. 

Ditempat yang sama Camat Kecamatan Sanga Desa Hendrik SH MSi didampingi Kasi PPDK Masmawi SSos, berharap agar masyarakat Desa Tanjung Raya senantiasa dapat menjunjung dan melestarikan budaya leluhur serta mentaati peraturan pemerintah dengan tetap berpegang teguh pada ajaran agama masing-masing,serta saling menghargai satu dengan yang lain.

"Jaga suasana yang kondusif dengan mentaati dan mendukung aturan Pemerintah Daerah dan Polda Sumsel yaitu tidak menggelar pesta dengan musik remix. Harapan saya dengan digelarnya sedekah bedusun ini semoga masyarakat Desa Tanjung raya khususnya serta umumnya masyarakat di Kecamatan Sanga Desa bisa dilimpahkan keselamatan, keberkahan, diberikan kemudahan dan jauh dari malapetaka atau tolak balak,” tutup Camat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: