Tak Khawatir Dengan Kemarau

Tak Khawatir Dengan Kemarau

--

Empat Lawang, SUMEKS.CO - Prediksi BMKG kemarau panjang akan terjadi tahun 2023 ini. Namun, PDAM Tirta Seguring Betung Empat Lawang, tidak merasa khawatir atas dampak kekeringan itu. Bahkan,  dikliam saat musim kemarau kondisi mata air justru lebih bagus.

Plt Kepala PDAM Tirta Seguring Betung Rizal Macik, melalui Kolsenter PDAM Tirta Seguring Betung Jhon Sri mengatakan, saat kemarau kondisi mutu air lebih baik dari musim hujan. Sehingga pendistribusian air bersih ke rumah pelayanan PDAM Tirta Seguring, tetap aman. “Kalau musim hujan airnya kan keruh, sebab pipanya itu berada diatas bukit, itu kadang dimasuki lumpur, belum lagi banjir bandang,” kata Jhon Sri, Senin (20/2).

Memang, lanjut Jhon Sri, saat musim kemarau, kondisi mata air mengecil. Namun itu tidak mempengaruhi suplai air bersih kemasyarakat. Sehingga pelanggan tidak perlu khawatir, suplay air terhambat. “Justru kita musim hujan banyak kendala, kalau musim hujan otomatis siring kita tertutup material semua. Kadang-kadang banjir bandang, banyak kendalanya,” jelasnya.

Untuk Intake (penampung air), ditambahkannya, sejauh ini pihaknya belum berencana untuk melakukan penambahan intake. Sebab sudah oper kapasitas air jika dihitung dengan jumlah pelanggan. “Untuk penyuplai air bersih menggunkan mobil tangki itu tergantung pesanan, kalau ada yang hajatan. Perkantoran, rumah dinas bupati, sekda, kalau ada kendala kita bantu suplai menggunkan mobil tangki,” jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: