Hanya 86 KPM Terima BLT DD

Hanya 86 KPM Terima BLT DD

--

LAHAT, SUMEKS.CO – Sebanyak 86 warga di Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat, ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2023. Jumlah KPM penerima BLT DD ini, berkurang 25 orang dari tahun sebelumnya, yang terdata sebanyak 111 KPM.

Kades Tanjung Payang, Sapri mengatakan, penerima BLT DD tahun anggaran 2023 telah dibahas beberapa bulan lalu, melalui pramusdes berdasarkan usulan dan verifikasi ke lapangan oleh kepala dusun dan Anggota BPD, yang difokuskan kepada Lansia Miskin dan Penyakit Menahun yang masuk kategori miskin ekstrim.

"Hasil musdessus, tahun ini ditetapkan hanya 86 KPM yang terima BLT DD. Karena berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, tahun anggaran 2023 penganggaran BLT DD hanya sebesar 25 persen dari dana desa,” kata Sapri, Selasa (21/2).

Camat Lahat Selatan, Isna Abi Darda BA, melalui Kasi Ekobang, Jon Hendri menyampaikan, terpenting KPM BLT DD tahun anggaran 2023 yang dipilih, sudah melalui prosedur. Seperti melalui musdessus. “Semoga para calon penerima BLT DD ini, dapat secara bijak menggunakan BLT DD tersebut,” sampainya.

Sementara, Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Lahat Selatan, Tri Lestari menjelaskan, ada beberapa kriteria calon KPM BLT DD tahun anggaran 2023 antara lain, miskin ekstrem, tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan lain, serta memiliki riwayat penyakit menahun. "Dengan kata lain, penerima BLT DD ini dikhususkan bagi masyarakat miskin ektrem, yang tidak menerima bantuan lainnya," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: