Perusahaan Diminta Ikut Andil Pembangunan Desa

Perusahaan Diminta Ikut Andil Pembangunan Desa

--

SUNGAI LILIN, SUMEKS.CO - Perusahaan pertambangan diminta agar mereka ikut andil membantu pembangunan desa diwilayah operasional mereka.

Hal ini dibahas dalam kegiatan Focus grup discussion (FGD) pengembangan kerja sama di lokasi pertambangan yang berlangsung di Desa Mekar Jadi Kecamatan Sungai Lilin.

Dalam kegiatan FGD tersebut dihadiri oleh Direktur Advokasi dan Kerjasama Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia M Fachri S.STPi Msi.

Dari Pemkab Muba PJ Bupati Muba diwakili oleh Asisten Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs H Yusuf Amilin.

Plt Bapeda Sunaryo SSTP Msi, Kadis PMD H Richard Chahyadi AP MSi, Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan Saputra Sip Msi, Camat Tungkal Jaya H Sugeng Riyadi Spd Msi dan juga Camat Babat Supat Rio Aditya Sip Msi.

Selain itu hadir juga perwakilan perusahaan pertambangan batubara diwilayah Sungai Lilin, Tungkal Jaya dan Babat Supat serta Kades diwilayah operasional tambang diwilayah ini.

Asisten Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs H Yusuf Amilin dalam sambutannya momen FGD ini sangat baik untuk kemajuan desa kedepan.

"Kami menyambut baik kegiatan ini, momen ini dimanfaatkan sebaik-baiknya kegiatan ini sehingga menghasilkan pemikiran brilian dalam membangun desa," jelasnya.

Yusuf Amilin mengajak agar perusahaan lebih memperhatikan lagi desa yang ada diwilayah operasional mereka.

Menurut Yusuf Amilin pemerintah desa bersama perusahaan bisa bersama menyusun program terbaik untuk kemajuan desa.

"Antara desa dan perusahaan bisa menyusun program apa yang dapat dibantu pembangunan melalui program CSR," jelasnya.

Yusuf Amilin menjelaskan pembangunan dan pembinaan masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun bersama termasuk pihak perusahaan.

Direktur Advokasi dan Kerjasama Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia M Fachri S.STPi Msi menyampaikan beberapa hal falam sambutan nya.

Bahkan sempat juga ditayangkan sebuah video sambutan dari Presiden Jokowi terkait perusahaan harus melibatkan desa melalui BUMDes. "Melihat dari video tersebut presiden sangat tegas berpihak kepada bumdes dan desa," jelasnya.

Ia menjelaskan kedepan desa tidak boleh lagi jadi penonton atas sumber daya alam mereka. "Kedepan CSR perusahaan jangan lagi jatuh ke personal harus tepat sasaran," paparnya.

Kades Mekar Jadi Suparmin mengucapkan terima kasih dengan kegiatan tersebut, ia mengungkapkan melalui kegiatan ini kedepan desanya bisa lebih diperhatikan lagi dari pihak perusahaan.

"Kami mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi pembangunan di desa kami terutama dari perusahaan tambang," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: