Ini 5 Manfaat Biji Nangka, Menurunkan Risiko Kanker

Ini 5 Manfaat Biji Nangka, Menurunkan Risiko Kanker

Nangka. foto: dendi romi sumeks.co--

SUMEKS.CO - Buah nangka yang berwarna kuning, bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Apakah langsung dimakan, dijadikan kolak atau dijadikan sayur. 

Tak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi. Biji nangka pun bisa dimanfaatkan untuk ramuan menjaga kesehatanBiji nangka bisa diolah dengan cara direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Biji nangka setelah direbus terasa sangat lembut setelah dikonsumsi.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mencegah insomnia

Salah satu manfaat biji nangka yang kaya akan magnesium, yakni memiliki potensi membantu tubuh menjadi santai. Menurut sebuah tinjauan dalam BMC (2021) bahwa efektivitas dan keamanan suplementasi magnesium sangat bermanfaat untuk orang dewasa penderita insomnia. Pasalnya, hasil riset kajian 151 peserta di tiga negara ini menemukan konsumsi magnesium bisa meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa.

BACA JUGA:Bupati Musi Rawas Utara Apresiasi Kinerja Tenaga Kerja Kesehatan

2. Mengontrol tekanan darah

American Heart Association (AHA) menyebutkan, makanan kaya kalium bisa membantu mengurangi tekanan darah, salah satunya biji nangka. Perlu diketahui, bahwa kalium menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Sementara itu, Angka Kecukupan Gizi (AKG) merekomendasikan bahwa orang dewasa yang sehat mengonsumsi 4.700 mg kalium sehari.

3. Mencegah infeksi bakteri

Beberapa penelitian menemukan bahwa biji nangka memiliki senyawa antibakteri. Salah satu manfaat senyawa antibakteri pada biji nangka cukup efektif melawan bakteri E. coli yang sering menjadi penyebab masalah pencernaan. Sebagian besar senyawa tersebut ditemukan pada permukaan biji nangka dan telah sejak lama digunakan sebagai obat diare alami.

Oleh sebab itu, biji nangka berpotensi menjadi obat alami untuk penyakit yang ditularkan melalui makanan terkontaminasi.

BACA JUGA:3 Cara Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Melakukan SADARI

4. Menurunkan kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: