Innalillahi, Mantan Rais 'Aam PBNU KH Ali Yafie Wafat

Innalillahi, Mantan Rais 'Aam PBNU KH Ali Yafie Wafat

Mantan Ketum MUI dan Rais 'Aam PBNU KH Ali Yafie meninggal dunia.--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Prof KH Ali Yafie, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 1990-2000 dikabarkan wafat pada Sabtu 25 Februari 2023, sekira pukul 22.13 WIB.

Kabar duka ini disampaikan oleh Presiden Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali melalui akun Instagram pribadinya.

"Innalillahi wa innailahi raji'un. Telah wafat Prof KH Ali Yafie, hari ini Sabtu, tanggal 25 Februari 2023 pukul 22.13 di RS Premier Bintaro," tulis Imam Shamsi Ali.

Dai kondaing Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS juga menyampaikan kabar duka atas meninggalnya ulama asal Donggala, Sulawesi Tengah yang pernah menjabat sebagai Rais 'Aam PBNU periode 1991-1992.

BACA JUGA:Sidang Rektor Unila, Saksi Sebut Nama Ketum PBNU

UAS juga mengunggah momen percakapannya dengan pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Darul Dakwah al-Irsyad Pare-pare yang akan selalu dikenangnya.

Pada kesempatan itu ustaz yang menyandang gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara dari Lembaga Adat Melayu itu menanyakan tentang rahasia hidup sehat kepada Kiai Ali Yafie semasa hidupnya.

"Selama masih bisa tertawa, berarti masih sehat," jawab Kiai Ali Yafie kepada UAS kala itu.

Pria yang pernah menjabat sebagai hakim di Pengadilan Agama Ujung Pandang itu lantas mempersilakan UAS minum teh.

BACA JUGA:MK Tolak Permohonan Nikah Beda Agama, Begini Respon Kemenag dan MUI

"Tidak bidah. Walaupun tidak ada di zaman Rasulullah," kata UAS menirukan perkataan Kiai Ali Yafie. Bagi UAS, Kiai Ali Yafie merupakan sosok yang menginspirasi banyak orang.

"Hidupmu inspirasi kami," ujarnya.

Jenazah Kiai Ali Yafie disemayamkan di rumah duka Jalan Menteng V Blok B7/FC 5 nomor 12, Menteng Residence, Menteng Bintaro Sektor 7, Tangerang.

Rencananya, jenazah mantan Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Ujung Pandang yang dikenal sebagai ulama ahli fikih dan Al-Qur'an itu akan dimakamkan hari ini, Minggu (26/2) setelah salat Zuhur di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: