F1 Powerboat Kembali Angkat Danau Toba di Mata Dunia

F1 Powerboat Kembali Angkat Danau Toba di Mata Dunia

F1 Powerboat 2023. foto: yessy artada/jpnn.com--

BALIGE, SUMEKS.CO - Kejuaraan Dunia Balap Motor Air atau F1 Powerboat akan digelar di Danau Toba selama dua hari, yakni 25-25 Februari 2023. 

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, meyakini pariwisata Indonesia, khususnya Danau Toba, akan kembali terangkat di mata dunia  karena menjadi tuan rumah F1 Powerboat.

“Antusiasme masyarakat sangat tinggi. Tiket yang dijual online sudah habis. Karena event ini, Danau Toba akan kembali terkenal sebagai daerah tujuan wisata,” kata Usman Kansong di Kota Balige, Kamis 23 Februari 2023.

Dia mengapresiasi kerja bersama yang telah dilakukan berbagai dalam mensukseskan F1 Powerboat. “Karena kita akan menyelenggarakannya hingga lima tahun ke depan, tentu harus terus kita dukung. Tapi lebih dari itu, kita harus mengapresiasi antusiasme masyarakat Indonesia untuk menonton balapan,” kata Usman. Usman berharap kegiatan-kegiatan internasional serupa bisa terus dipercayakan untuk digelar di Indonesia. Hal tersebut, akan sejalan dengan program pemerintah Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

BACA JUGA:Begini Persiapan Jelang F1 Power Boat Danau Toba

“Ini adalah untuk pariwisata olahraga (sport tourism). Kami berharap akan ada 1,3 juta perjalanan menuju ke Danau Toba,” ujarnya. Terlebih, pemerintah sedang mendorong pariwisata olahraga sebagai daya tarik, tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Diakuinya, selama ini Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu negara dengan keindahan dan kekayaan alamnya. Karena itu diperlukan penguatan, khususnya dalam hal infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). 

“Saya dengar salah satu pembalap bilang akan tinggal seminggu lebih lama setelah balapan. Hal tersebut menunjukkan nyamannya tempat ini. Semoga event internasional seperti F1 Powerboat, menjadi momen kebangkitan ekonomi melalui sektor pariwisata di daerah sekitar Danau Toba,” harap Usman.(chi/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: