Pilgub Sumsel, ini Ulasan Pengamat Politik Unsri

Pilgub Sumsel, ini Ulasan Pengamat Politik Unsri

Andreas Leonardo. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Popularitas dan bendera partai diyakini akan menjadi pengaruh besar bagi calon Kepala Daerah (Kada) untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Sumatera Selatan.

Kontestasi Pilkada bakal dilaksanakan serentak pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Saat ini, beberapa nama telah mencuat untuk maju menuju Sumsel 1 ataupun di daerah lainnya di 17 kabupaten dan kota.

Pengamat Politik Universitas Sriwijaya (Unsri), Dr Andreas Leonardo mengungkapkan, animo masyarakat menantikan Pilkada sudah sangat terlihat. Bahkan, diantaranya sudah ada yang mengusung beberapa nama sebagai calon kandidat terkuat didaerahnya masing-masing.

"Masyarakat khususnya di Sumsel sudah menyambut pesta demokrasi. Terbukti dengan banyaknya calon yang telah menampakkan dirinya untuk maju Pilkada," ungkap Andreas saat dibincangi SUMEKS.CO, di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsri Palembang, Selasa 21 Februari 2023.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel dan 17 Pemda serta DPRD Kabupaten/Kota Teken MoU dengan Kanwil Kemenkumham Sumsel

Secara akademis, sambung Andreas, untuk melihat kemenangan calon Kada itu dapat dilihat dari tiga indikator. Dari tiga indikator tersebut yakni, popularitas, track record atau rekam jejaknya dalam memimpin suatu organisasi daerah atau semacamnya. 

"Indikator ketiga yakni keterpilihan atau alasan masyarakat untuk memilih calon Kada tersebut," jelasnya.

Tak hanya itu, Andreas juga mengungkapkan bahwa bendera partai yang akan dibawa calon Kada juga, ikut mempengaruhi kemenangan pada saat pesta demokrasi mendatang. Terlebih, partai yang mengusung calon Kada itu memang berpengaruh di daerah tempat pemilihannya nanti.

"Bendera partai juga tentunya akan mempengaruhi kemenangan calon kada itu sendiri," timpalnya.

Lebih lanjut Andreas menuturkan, semua calon Kada yang akan maju di Pilkada 2024 mendatang mempunyai potensi untuk menang. Namun, yang harus diperhatikan juga bagaimana visi dan misi dari calon itu. Karena, masyarakat juga akan menentukan pilihan tergantung dari visi dan misi yang akan dibawa oleh calon Kada tersebut.

BACA JUGA:Peduli Pengarusutamaan Gender, DP3A Sumsel Gelar Lokakarya

"Semuanya memiliki potensi untuk menang. Tapi harus diingat visi dan misi yang harus dibawa," tandasnya.

Diketahui, beberapa nama telah mencuat untuk maju menuju Sumsel 1 diantaranya, petahana H Herman Deru, Eddy Santana Putra, Ishak Mekki, Tantowi Yahya, Heri Amalindo, dan Ridho Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: