Bupati Muara Enim Dukung Pemekaran RDOB RL2

Bupati Muara Enim Dukung Pemekaran RDOB RL2

SERAHKAN BERKAS DOB : Ketua Umum Presedium Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Rambang Lubai Lematang (RL2) Usman Firiansyah SH MH secara simbolis serahkan berkas rencana DOB RL2 kepada Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah.--

Kaffah Akhirnya Temui Peserta Audensi 

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Setelah menunggu sekitar 1,5 jam. Akhirnya Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffa, menemui dan menghadiri audensi masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan Masyarakat Daerah Otonomi Baru (RDOB) Rambang Lubai Lematang (RL2) di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Kamis 16 Februari 2023.

"Saya mohon maaf kepada bapak-bapak dan ibu-ibu, bukannya saya tidak mau hadir tetapi tadi masih ada acara lain. Padahal saya terbiasa on time, tapi kita adat ketimuran. Kalau badan saya bisa dibagi dua sudah saya bagi. Saya ingin sekali ketemu, karena semuanya adalah keluarga," ujar Kaffa didampingi Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH usai menghadiri kegiatan Pengukuhan Relawan Pemadam Kebakaran Periode Tahun 2023-2027 Kabupaten Muara Enim.

Menurut Kaffa bahwa dirinya secara pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Muara Enim, sangat mendukung keinginan dan aspirasi masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan Masyarakat Daerah Otonomi Baru (RDOB) Rambang Lubai Lematang (RL2), asal sesuai dengan aturan dan mekanisme berlaku.

Dengan DOB nanti, lanjut Kaffa, tentu diharapkan bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat, akses lebih dekat, dan sebagainya.

BACA JUGA:Lagi! Livin’ by Mandiri Hadirkan Inovasi Transfer ke LN Cepat, Murah, Utuh dan Mudah!

Karena saat ini pemerintah masih melakukan moratorium pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB). Namun meski moratorium belum dibuka seluruh syarat DOB harus benar-benar sudah disiapkan sebaik mungkin sehingga ketika ada pembukaan moratorium bisa langsung diajukan dan berhasil.

"Jangan hanya semangat saja, namun harus didukung dengan data-data yang lengkap. Tolong kita sama-sama menjaga Muara Enim supaya tetap kondusif," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Presedium Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Rambang Lubai Lematang (RL2) Usman Firiansyah SH MH,  tujuan rencana DOB ini, adalah untuk mempercepat, pemerataan pembangunan, dan efisien.

Selain itu juga, untuk bersilaturahmi dan bertatap muka dengan Plt Bupati Muara Enim yang baru, sebab rencana DOB ini akan berkaitan dengan Bupati Muara Enim sebagai pemimpin Kabupaten Muara Enim yang merupakan  Kabupaten Induk.

BACA JUGA:Biaya Haji Ditetapkan Rp49 juta, Kemenag OKI Klaim CJH Tidak Keberatan 

DOB Rambang Lubai Lematang (RL2), lanjut Usman, akan terdiri dari 6 Kecamatan yakni Rambang, Rambang Niru, Lubai, Lubai Ulu, Empat Petulai Dangku dan Belimbing, yang mencakup 70 Desa dengan luas wilayah sekitar 2307,9 Km persegi.

Untuk jumlah Penduduk berdasarkan BPS tahun 2020 sebanyak 182.000 Jiwa. Sedangkan untuk calon ibukotanya di Manunggal Makmur dengan lahan seluas 40 hektar.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: