Membangun Budaya Literasi Sejak Usia Dini

Membangun Budaya Literasi Sejak Usia Dini

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 70 orang peserta didik dan 30 orang guru Madrasah Ibtidaiyah Al Adli melakukan kunjungan edukatif ke Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Selasa, 14 Pebruari 2023.

Kegiatan literasi ini sangat penting untuk mengasah kemampuan membaca dan menulis. Namun sejatinya literasi tidak hanya membaca dan menulis, tetapi mencakup keterampilan dan kemampuan untuk mengidentifikasi, mengerti, memahami dan mencipta yang diperoleh dari aktivitas membaca, kemudian di transformasikan dalam kegiatan-kegiatan produktif yang memberikan manfaat sosial, ekonomi.

Anak memiliki daya ingat yang kuat, namun cenderung mudah dipengaruhi oleh lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu membekali pendidikan literasi sejak dini kepada anak penting untuk disegerakan agar nantinya mereka memiliki pondasi yang kuat ketika dewasa karena dalam ekosistem literasi, membaca merupakan akses primer menuju pengetahuan.

BACA JUGA:Muratara Sabet Penghargaan Zona Hijau Pelayanan Publik

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Ibu Fitriana, S.Sos.M.Si menyambut hangat kedatangan siswa/siswi, kepala sekolah dan guru Madrasah Ibtidaiyah Al Adli.

Mereka diberikan pengenalan tentang tugas dan fungsi Dinas Perpustakaan sembari wisata berkeliling perpustakaan, menonton bersama film edukatif diruang multi media bioskop mini, membaca buku di perpustakaan anak dan diakhiri dengan games serta kuis. 

Ditemui usai acara Ibu Fitriana, S.Sos.M.Si menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan Prov. Sumsel telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong peningkatan budaya gemar membaca dan literasi masyarakat di Sumsel, dengan melengkapi fasilitas layanan, inovasi pelayanan berbasis digital seperti Digital Library (DIARY) Sumsel, K’POP’S (Kartu Perpustakaan Online Sumsel), penambahan koleksi buku, meningkatkan Sumber Daya Manusia, pelibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan literasi termasuk didalamnya advokasi pelatihan keterampilan serta bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder terkait yang mendukung kegiatan literasi. 

"Semua upaya tersebut membuahkan hasil dengan meningkatnya Tingkat Kegemaran Membaca (TGM)  tahun 2022 sebesar 61,52. dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tahun  2022 sebesar 74,35. Capaian ini juga turut menyumbang meningkatnya IPM (Indeks Pembangunan Manusia) tahun 2022 sebesar 70,99”, pungkasnya.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: