Dua Warga Lahat Dinyatakan Positif Covid-19, Satu Balita

Dua Warga Lahat Dinyatakan Positif Covid-19, Satu Balita

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Aiwa Marlina SKM MM. Foto: Lahat Pos --

LAHAT, SUMEKS.CO - Ada dua pasien positif Covid-19 yang tengah diisolasi di RSUD LAHAT. Dua pasien itu ialah, satu orang dewasa dan satu balita

Keduanya bukan dalam satu anggota keluarga. Keduanya dinyatakan positif, pada Selasa 7 Februari 2023 lalu. 

Keduanya dinyatakan positif, saat jalani pengobatan di RSUD Lahat, dan dilakukan pemeriksaan, ternyata positif covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufik M Putra SKM MM melalui kabid pencegahan dan pengendalian penyakit, Aiwa Marlina SKM MM mengatakan, tindakan pemeriksaan yang dilakukan pada kedua pasien tersebut melalui tes PCR. 

BACA JUGA:Oknum Kades di OKI Korupsi Dana BLT Covid-19 Ratusan Juta, Ngaku untuk Biaya Sekolah Anak

Setelah terbukti dinyatakan positif covid-19, kedua pasien tersebut langsung diisolasi. Saat ini, belum bisa dipastikan jenis varian virus apa yang menginfeksi pasien. 

"Ada metode khusus untuk menentukan jenis varian virus, seperti sekuensing DNA," ujarnya, Senin 13 Februari 2023.

Aiwa menjelaskan, sekuensing DNA ini hanya tersedia di laboratorium khusus yang meneliti pola genetik dan mutasi virus. Untuk pemeriksaan sekuensing DNA, memerlukan waktu sekitar satu sampai dua minggu. 

Jika ingin menentukan varian virusnya, maka sampel dari kedua pasien tersebut, akan dikirim ke lembaga yang bertugas untuk memantau pola perubahan genetik virus corona.

BACA JUGA:Warga Palembang Belum Vaksin AntiCOVID-19? Silahkan Datang ke Puskesmas Berikut

Aiwa menambahkan, untuk antisipasi penyebaran virus covid-19, diberlakukan isolasi mandiri bagi keluarga pasien. 

"Butuh waktu untuk mengetahui jenis varian virus covid-19 melalui sekuensing DNA. Tapi, jika dilihat dari  gejalanya, kemungkinan terkena virus varian omicron," tambahnya.(mg03/Lahat Pos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: