Gempa 5,4 Magnitudo Guncang Kota Jayapura, 4 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Gempa 5,4 Magnitudo Guncang Kota Jayapura, 4 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Gempa bumi 5.4 Magnitudo guncang Kota Jayapura, Papua--

SUMEKS.CO - Gempa bumi berkekuatan 5.4 Magnitudo mengguncang Jayapura, Papua, Kamis 9 Februari 2023.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan setidaknya ada empat korban meninggal dunia dalam peristiwa ini.

Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid mengatakan keempat korban ditemukan dari puing bangunan kafetaria yang ambruk akibat guncangan gempa.

Menurut penuturan Asep, lokasi kafetaria itu berada di atas perairan di kawasan di Kota Jayapura. Sehingga harus menurunkan tim penyelam untuk evakuasi korban.

BACA JUGA:MasyaAllah, Bayi ini Lahir saat Gempa Landa Suriah

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh, lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud ," ujar Asep dalam keterangan tertulis, sperti dikutip dari JPNN.com.

Asep juga mengungkapkan gempa bumi tersebut terasa kuat selama 2-3 detik, akibatnya masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

Gempa susulan juga terasa saa Asep menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB.

"Gempa bumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi sedang berjalan," ujar Asep.

BACA JUGA:Gempa Turki, 53 Warga Dilaporkan Tewas

Sementara itu, Asep melaporkan bahwa beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum, dan fasilitas kesehatan, mengalami kerusakan.

Beberapa pasien RSUD Kota Jayapura turut diungsikan ke halaman gedung untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Keluar-keluar betul. Semuanya (pasien) di luar," jelas Asep.

Lebih lanjut tim BPBD Kota Jayapura bersama lintas instansi terkait masih dalam pendataan mengenai kerusakan maupun korban jiwa. Tim gabungan juga mendirikan tenda posko dan tenda darurat untuk evakuasi sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: