Kantor Desa Batu Surau Disapu Puting Beliung

Kantor Desa Batu Surau Disapu Puting Beliung

AMBRUK : Atap kantor Desa Batu Surau ambruk setelah disapu angin puting beliung.--

Pemdes Batu Surau Terpaksa Ngantor di Bawah Rumah

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Setelah diterjang angin kencang, Kantor Desa Batu Surau, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten Muara Enim, terbang terangkat disapu oleh angin puting beliung. Meski tidak ada korban jiwa namun kerugian materil dipastikan puluhan juta rupiah, Selasa 7 Februari 2023 sekitar pukul 16.00 WIB.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Kamis9 Februari 2023 bahwa kejadian tersebut berawal ada angin kencang disertai cuaca ekstrem melanda di wilayah Semende tepatnya di Desa Batu Surau.

Sekitar pukul 16.00 WIB, tiba-tiba angin puting beliung datang dan merusak serta mengangkat atap Kantor Pemerintahan Desa Batu Surau dan jatuh dihalaman Kantor Pemerintahan Desa serta sebagian menimpa atap SDN 06 Semende Darat Tengah (SDT) yang kebetulan berada satu komplek dengan kantor Pemerintahan Desa Batu Surau.

"Beruntung pada saat kejadian, kantor desa sudah tutup dan anak-anak sekolah sudah pulang sehingga tidak ada korban jiwa hanya kerugian material saja," ujar.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Pemkot Palembang Pantau Harga Sembako

Kepala Desa Batu Surau, M Ridwan. Menurut Ridwan, kejadian yang merusak kantor Desa Batu Surau tersebut berlangsung sekitar 15 menit.

Saat ini di wilayah Semendo khususnya Desa Batu Surau sering dilanda cuaca ekstrim dan kerap terjadi disertai angin kencang.

Bahkan kemarin (Selasa,red) juga desanya diterjang Puting Beliung tetapi tidak ada korban. Akibat terjangan Puting Beliung itu, keseluruhan atap kantor Desa Batu Surau rusak berat, sehingga mengharuskan pihaknya untuk mencari alternatif lain dalam melangsungkan aktivitas kerja perangkat desa.

"Kemarin kami sudah melakukan musyawarah bersama perangkat desa, untuk seluruh fasilitas yang ada sudah kami amankan ke tempat yang lebih aman yang terlindungi dari curah hujan," jelas Ridwan.

BACA JUGA:Bupati Askolani Masih Simpan Nama Calon Sekda Banyuasin Terpilih, Tersisa 3 Nama

Rencana ke depan, lanjut Ridwan, supaya Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Surau tetap berjalan seperti biasa, kemungkinan akan ngantor di bawah rumah warga (rumah panggung).

Harapan kami kepada Plt Bupati melalui Dinas PMD kiranya dapat merealisasikan bantuan untuk biaya perbaikan atap kantor desa ini sehingga tidak menganggu aktivitas kerja pemerintah desa.

Menanggapi musibah tersebut, Sekretaris Komisi II DPRD Muara Enim  Dapil IV,  Candra Yanusi menanggapi kejadian tersebut dirinya akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) terkait  bencana yang menimpa kantor Desa Batu Surau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: