Kaffah Dukung Program Pertanian Semendo Raya

Kaffah Dukung Program Pertanian Semendo Raya

PANEN : Plt Bupati Muara Enim didampingi Plt PKK Muara Enim Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Kaffah SE panen raya kentang di Deda Gunung Agung, Kecamatan Semendo Darat Tengah.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Setelah ikut memanen kentang dan bawang merah secara langsung. Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah SH LLM (Bham) LLM (Abdn), kagum dengan hasil tanam dan kesuburan tanah di Bumi Tunggu Tubang.

Kekaguman itu disampaikan Plt Bupati di damping Plt PKK Muara Enim Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Kaffah SE, Asisten, Staf Ahli dan Khusus serta OPD saat 

panen raya kentang industri program kerja sama PT Indofood Fortuna Makmur di Desa Gunung Agung, Kecamatan Semendo Darat Tengah (SDT), Rabu 8 Februari 2023. Turut hadir juga Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan lapisan masyarakat lainnya.

"Luar biasa sekali potensi-potensi pertanian dan perkebunan di Semendo Raya ini. Saya hari ini menyaksikan secara langsung mulai dari panen raya kentang yang sangat menjanjikan menjadi pusat industri kentang unggulan bahkan di Muara Enim dan Sumsel. Dan juga disaksikan bahwa tanaman bawang merah juga tubuh subur. Mudah-mudahan petani juga mendapatkan harga yang baik sehingga Muara Enim yang sajaterah dapat terwujud dan saya mendukung penuh untuk segala kegiatan berbasis pertanian  serta UMKM," ujar Kaffah.

BACA JUGA:Gojek Bersama BPJPH dan Iluni UI Sumsel Dampingi Ratusan Mitra UMKM di Palembang Raih Sertifikasi Halal

Kemudian, dirinya apresiasi dan menyambut baik kegiatan panen kentang industri perdana program kerja sama dengan PT Indofood Fortuna Makmur di lahan seluas 51 hektar yang berada di 3 desa dalam Kecamatan Semende Darat Tengah, dengan luasan lahan Desa Rekimai Jaya 16 hektar, Desa Swarna Dwipa 20 hektar dan Desa Gunung Agung 15 hektar dengan total panen kurang lebih 1.020 ton.

"Saya sangat bangga dan bahagia karena panen ini merupakan panen kentang industri perdana yang pernah ada di Kabupaten Muara Enim. Sebelumnya kita hanya memiliki lahan dan produksi kentang non-industri saja. Keberhasilan panen hari ini menjadi peluang emas bagi kita untuk lebih meningkat produksi kedepan,"ungkapnya.

Apalagi, kata dia, Muara Enim masih memiliki sekitar 500 hektar lahan potensial budidaya tanaman holtikultura dan juga sudah ada pasar yang menerima yaitu PT Indofood Fortuna Makmur.

Dengan skema pola kerja sama grading ini, lanjut Kaffah yaitu PT Indofood Fortuna Makmur yang telah meminjamkan bibit kepada kelompok petani untuk ditanam, akan membeli hasil panen berkualitas atau memenuhi kualifikasi mutu yang diharapkan dengan harga yang telah disepakati dan dipotong biaya pinjaman bibit.

BACA JUGA:Minimalisir Data Anomali, Bapenda Ogan Ilir Roadshow ke Seluruh Kecamatan Berikan Penyuluhan DHKP PBB

Sedangkan sisa hasil panen lainnya akan menjadi hak bagi kelompok tani. Tentunya ini memberikan profit atau keuntungan bagi petani.

Mari maknai kegiatan ini sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan juga mendukung ketahanan maupun kemandirian pangan di Kabupaten Muara Enim Enim yang selaras dengan program Gubernur Sumatera Selatan yaitu ‘Gerakan Sumsel Mandiri Pangan’ dan Muara Enim sebagai Kawasan Food Estate ‘Lumbung Pangan’ Provinsi Sumatera Selatan.

"Semoga kedepan akan semakin banyak pengembangan dan pertumbuhan luas tanam kentang industri melalui pola serupa, tentunya kita harapkan dengan dukungan dan kerja sama yang semakin baik dengan PT Indofood Fortuna Makmur,"harapnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: