Meski Stok Banyak, Harga Sembako Jelang Ramadhan di OKI Dipastikan Naik

Meski Stok Banyak, Harga Sembako Jelang Ramadhan di OKI Dipastikan Naik

Aktivitas jual beli di Pasar Kayuagung OKI tetap ramai meskipun harga sembako mulai naik.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kebutuhan sembilan bahan pokok atau sembako menjelang Bulan Ramadhan selalu mengalami peningkatan.

Ironisnya, meski stok mencukupi dan banyak, kenaikan harga sembako jelang Bulan Ramadhan tidak dapat.

Harga kebutuhan bahan pokok sudah dapat dipastikan naik.

Seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi, bawang merah, bawang putih dan lainnya. 

BACA JUGA:KPU RI Tetapkan 8 Daerah Pemilihan di Kabupaten OKI, Begini Pembagiannya

Kenaikan harga sembako jelas sangat dikeluhkan oleh masyarakat terutama ibu rumah tangga. Apalagi saat ini harga sembako sudah naik. 

"Setiap jelang puasa harga sembako pasti naik dengan alasan banyak permintaan dibandingkan hari biasa," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, Alamsyah melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, M Iqbal Rasyid SP MM. 

Dijelaskan Iqbal, untuk stok sendiri selalu banyak dan tidak kekurangan hanya saja harganya yang mahal. Pedagang menjual sesuai dengan harga modal mereka dari agen biasanya. 

Maka oleh karena itu tidak bisa menyalahkan pedagang. Seperti pasokan telur ayam di pasar Kayuagung ini didatangkan dari Palembang. Dimana saat ini harga telur ayam juga masih terbilang tinggi yakni Rp26.000/Kg, harga normalnya Rp23.000/Kg.

BACA JUGA:Tak Terpengaruh Tren, Mayoritas Pasangan Calon Pengantin di OKI Tidak Mau Nikah di KUA

"Untuk harga telur ayam masih tinggi ini sudah lumayan lama yaitu sejak jelang Naturu kemarin. Penyebabnya bisa stok di kandang lagi sedikit atau panen," ungkap Iqbal, kepada SUMEKS.CO, Rabu 8 Februari 2023.

Diterangkannya, harga sembako lainnya saat ini sudah naik adalah beras, kenaikan harga beras ini juga sudah lama. Kenaikannya berkisar Rp500 - Rp1000 hingga lebih per Kg. Untuk beras kemasan malahan lebih tinggi yakni Rp 25.000/karung 20 Kg naiknya. 

"Kebutuhan lainnya berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah harganya terkadang naik kemudian turun. Untuk sekarang harganya masih stabil," katanya. 

Lanjut Iqbal, harga bawang merah saat ini Rp 40.000/Kg. Bawang putih Rp 33.000/Kg, untuk cabai merah dijual Rp 40.000/Kg, cabai merah keriting Rp 50.000/Kg. Bahan ini sangat dibutuhkan setiap harinya untuk memasak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: