Balitbangkumham Kumpulkan Survei Prospek dan Minat Studi di Kemenkumham Sumsel

Balitbangkumham Kumpulkan Survei Prospek dan Minat Studi di Kemenkumham Sumsel

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Kanwil Kemenkumham Sumsel terima kunjungan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Kemenkumham RI, Selasa 7 Februari 2023.

Kedatangan Tim Balitbangkumham Kemenkumham RI ini dalam rangka pengumpulan data lapangan “Analisis Studi Kelayakan: Prospek dan Minat Studi Politeknik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia”.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah dan diikuti oleh lulusan Poltekip Angkatan 51-53 berjumlah 24 orang yang saat ini bertugas di Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Tim Balitbangkumham yang dipimpin oleh Analis Kebijakan Ahli Madya, Bintang Meini Tambunan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna melakukan kajian terkait dengan studi relevansi pembelajaran dan pekerjaan lulusan Poltekip dan Poltekim.

BACA JUGA:Tempo Sebulan di Tahun 2023, Lebih 5 Hektare Lahan Tak Bertuan di Ogan Ilir Terbakar, Satgas Waspada

Bintang mengatakan dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Palembang untuk melakukan survei preferensi dan peminatan siswa kelas XII untuk melanjutkan studi ke Poltekip dan Poltekim.

“Palembang dipilih sebagai lokus karena jumlah sebarannya yang tinggi yakni mencapai 25 orang, dan sampai saat ini kami sudah mengumpulkan kurang lebih 120 responden dari survei tersebut,” ungkap Bintang.

Pada kesempatan tersebut Bintang juga menyampaikan bahwa saat ini Poltekip dan Poltekim belum optimal  dalam menghasilkan sarjana terapan  yang memiliki kompetensi dan keahlian  terapan di bidang pemasyarakatan dan  keimigrasian.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Kemenkumham sudah membentuk Tim Restrukturisasi yang disahkan dalam Surat Keputusan No. M.HH-03-OT.01.04 Tahun 2022.

BACA JUGA:Tempo Sebulan di Tahun 2023, Lebih 5 Hektare Lahan Tak Bertuan di Ogan Ilir Terbakar, Satgas Waspada

“Tim Restrukturisasi ini tentunya akan melakukan pembenahan dengan agenda melakukan penggabungan Poltekip dan Poltekim, memetakan kebutuhan prodi baru, dan mempertahankan prodi yang sudah ada,” jelas Bintang.

“Jika hal ini terlaksana dengan baik, diharapkan akan membuat lulusan dari sekolah kedinasan tersebut memiliki relevansi antara Pendidikan dan karakter pekerjaannya, serta meningkatkan preferensi masyarakat terhadap penyelenggaraan sekolah kedinasan Kemenkumham,” lanjut Bintang.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta kegiatan, serta pengisian survei Studi Relevansi Pembelajaran dan Pekerjaan bagi lulusan Poltekip.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, dan Rehabilitasi, I Wayan Tapa Diambara, Kepala Subbidang Pembinaan, Teknologi Informasi, dan Kerja Sama, Hernika Andriani, Kepala Subbidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan, Meiza Volta, dan Analis Kebijakan Ahli Pertama Balibangkumham, Ai Solihah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: