Listrik Dekranasda Sumsel Diputus, Siapa Lalai?

Listrik Dekranasda Sumsel Diputus, Siapa Lalai?

Salah satu anjungan kabupaten/kota di Dekranasda Sumsel. foto: fadli sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sudah hampir dua pekan, listrik gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pemprov Sumsel yang terletak di Jakabaring Palembang ternyata diputus oleh PLN.

Akibatnya, pengurus masing-masing anjungan 17 rumah adat kabupaten/kota se- Provinsi Sumatera Selatan, hanya mengandalkan lilin sebagai penerangan di malam hari.

"Sudah 10 hari listrik kami di putus sementara oleh pihak PLN, jadi kalau malam hari hanya pakai lilin saja, hidup serasa macam di hutan pak," kata Febri pengurus anjungan rumah adat Kabupaten Musi Rawas ini bercerita kepada SUMEKS.CO, Sabtu 4 Januari 2023.

Febri mengungkapkan, diputusnya aliran listrik beberapa hari tersebut lantaran Dekranasda Sumsel belum membayar tunggakan iuran listrik selama 1 bulan, dan telah tidak dialiri listrik sejak tanggal 27 Januari 2023 hingga sekarang.

BACA JUGA:Gedung Baru Dekranasda Mura Segera Difungsikan

Dia mengaku tidak tahu persis berapa jumlah uang tunggakan yang belum dibayarkan serta terkendala mengapa  tunggakan tersebut belum dibayarkan hingga saat ini.

Dirinya bersama pengurus anjungan lainnya yang berada di Kompleks Dekranasda Jakabaring, telah melakukan upaya menanyakan kepada pihak Dinas Perindustrian.

"Karena untuk masalah iuran listrik saat ini dibebankan kepada pihak Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan," ungkapnya.

Dia menerangkan, setahun sebelumnya memang sudah ada wacana agar terhadap permasalahan listrik pada tiap anjungan akan diserahkan kepada Dinas Perindustrian masing-masing kabupaten/kota. 

BACA JUGA:Gerbang Dekranasda Belum Selesai, Pengunjung Belum Bisa Masuk

Lebih jauh dia mengatakan, selama ini masalah tunggakan listrik memang sering terjadi di kompleks Dekranasda Jakabaring, namun cepat teratasi paling lama 3 hari.

"Tapi sekarang hampir 10 hari ini belum ada kejelasan juga kapan listrik akan dihidupkan lagi," keluhnya.

Dia mengkhawatirkan, jika kondisi dibiarkan berlarut maka kompleks Dekranasda Jakabaring bukan tidak mungkin menjadi rawan tindak pidana kriminalitas.

Dia berharap, agar permasalahan tunggakan listrik di Dekranasda Jakabaring Palembang yang terjadi seperti saat ini dapat segera teratasi baik dari pihak Dinas Perindustrian ataupun dari Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: