Gerbang Dekranasda Belum Selesai, Pengunjung Belum Bisa Masuk

Gerbang Dekranasda Belum Selesai, Pengunjung Belum Bisa Masuk

Gerbang Gedung Dekranasda Sumsel. foto: fadli sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Masyarakat Kota Palembang sepertinya harus bersabar untuk menikmati keindahan Gedung Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) milik Pemprov Sumsel. Pasalnya, proyek revitalisasi gerbang taman  Dekranasda yang berlokasi di Jakabaring Palembang ternyata belum dibuka untuk masyarakat umum.

Febri, pengurus salah satu anjungan yang berada di kompleks gedung Dekranasda Jakabaring mengungkapkan, belum dibukanya untuk umum tersebut karena masih ada tahap proyek pengerjaan lainnya. Berdasarkan informasi yang dia terima, memang proyek revitalisasi gerbang Dekranasda dengan simbol mirip kuku palsu yang dipakai penari tanggai tersebut, belum lama ini telah selesai dikerjakan oleh Dinas PU.

"Setelah gerbang tersebut selesai dikerjakan, nanti rencananya akan merevitalisasi taman yang ada di dalam kompleks Dekranasda, makanya belum dibuka untuk umum," kata Febri diwawancarai Selasa 4 Februari 2023.

Dikatakannya bahwa proyek revitalisasi yang berada di kompleks Dekranasda Jakabaring ada beberapa item pengerjaan. sSlain gerbang depan Dekranasda, termasuk merevitalisasi anjungan-anjungan yang berada di dalamnya.

BACA JUGA:Gedung Baru Dekranasda Mura Segera Difungsikan

"Khusus untuk anjungan Kabupaten dan Kota yang ada di kompleks gedung Dekranasda Jakabaring, masih tetap dibuka untuk masyarakat umum, baik hanya sekadar untuk wisata ataupun kegiatan-kegiatan lainnya, seperti studi wisata sekolah," ujarnya.

Diungkapkannya, untuk pengelola gedung Dekranasda Jakabaring Palembang ini, masih dikelola oleh pihak pengurus Dekranasda yang diketuai Febrita Lustia, ketua tim PKK Sumsel serta dari Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan.

Saat disinggung mengenai anggaran, dia mengaku tidak mengetahui secara rinci jumlah anggaran proyek revitalisasi keseluruhan gedung Dekranasda Jakabaring yang dikerjakan secara bertahap sejak tahun 2019 lalu.

"Masalah anggaran, kita tidak tahu," tukasnya.

BACA JUGA:Kasus Dana Hibah Bawaslu Prabumulih Disidang, Putra Sumsel Ketua Majelis

Dari pantauan, apa yang dikatakan Febri benar adanya, sebanyak 16 tugu berbentuk mirip kuku penari tanggai yang didominasi warna merah dan emas sebagai pintu masuk gedung Dekranasda Jakabaring tersebut sudah selesai dibangun.

Meski begitu, area depan gedung yang baru selesai dibangun tersebut sangat Instagramable yang cocok digunakan untuk berswafoto.

Tidak ada lagi satupun pekerja, hanya menyisakan bangunan kayu tempat para pekerja beristirahat yang telah digembok dan dirantai besi, serta masih dikelilingi pagar seng.

Tidak jauh dari gerbang masuk, di bagian dalam kompleks menuju gedung utama Dekranasda Jakabaring masih ditumbuhi rumput liar dan semak belukar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: