Warga Tionghoa Tumplek Blek di Pulau Kemaro

Warga Tionghoa Tumplek Blek di Pulau Kemaro

Atraksi Barongsai pada perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Palembang, Jumat 3 Februari 2023. foto: deny sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Wayang Orang China di Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro tahun ini ditiadakan. Hanya ada atraksi barongsai, stand jualaan peralatan ritual, dan berbagai hiburan lainnya. 

"Ya pak, alasannya saya tidak mengetahui, karena saya bukan salah satu panitia. Hanya jualan saja," kata Hendra Kosasih, salah satu pedagang yang berjualan di Pulau Kemaro, SUMEKS.CO, Sabtu 4 Februari 2023. 

Sementara, Panitia Cap Go Meh Palembang Harun ketika ditanya tidak mau memberikan keterangan. 

"Silahkan tanya sama yang lain aja yah," ujar Harun. 

BACA JUGA:Ribuan Umat Tionghoa Ikuti Ibadat Puncak Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang

Berdasarkan informasi, Wayang Orang China merupakan alternatif hiburan untuk para warga Tionghoa yang melakukan sembahyang pada perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang. Wayang Orang China sangat unik karena para pemerannya rata-rata pria dan berusia senja yang seakan tidak menjadi penghalang untuk melakonkan wayang itu.

Sebelum pementasan para pemeran opera tersebut didandani sesuai lakon yang akan mereka bawakan. Setiap pelakon akan disolek dengan bedak putih yang tebal dan juga bedak merah sebagai solekan mata dan pipi. Masing-masing pemeran sebelum pentas biasanya melakukan latihan dan berdiskusi dibalik panggung agar dapat menampilkan yang terbaik saat pemetasan.

Berbagai macam cerita dengan berbagai peran mampu menghibur penonton yang datang menyaksikan opera ini. Para pemain opera ini menggunakan bahasa China sebagai bahasa percakapan mereka. Lagu-lagu yang dimainkan pun sebagai pengiring opera juga menggunakan bahasa China.

BACA JUGA:Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Panitia Siapkan 7 Tongkang Gratis

Kesenian ini mirip dengan kesenian wayang orang di Indonesia, bedanya wayang orang di Indonesia tidak mempertunjukkan seni bela diri, kebanyakan tujuannya bersifat lelucon yang menghibur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: