Lewat Digital AIRIN, Siap Memperkuat Ekosistem Logistik Laut

Lewat Digital AIRIN, Siap Memperkuat Ekosistem Logistik Laut

--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Jalur laut Indonesia memegang peran penting dalam jalur perdagangan dunia dan domestik.

Sekitar 40 persen perdagangan dunia melalui laut yang bersinggungan dengan Indonesia, sementara 90 persen pengiriman barang di pasar domestik dikirim melalui jalur laut. 

Chief Executive Officer AIRIN, Dimas Seno mengatakan salah satu tantangan terbesar dalam pengelolaan pengiriman barang tersebut adalah belum optimalnya market place yang menghubungkan ketersediaan transportasi kapal dengan kargo.

Menjawab tantangan tersebut, PT Airin Integrasi Solusi memperkenalkan sebuah platform digital bernama AIRIN pada 3 November 2022 bertepatan dengan Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) di Bali.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya Terima Audiensi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel

Inovasi AIRIN menggunakan teknologi AI dan memanfaatkan algoritma yang unik. Hal ini mempertemukan kebutuhan pemilik barang (charter) dan pemilik kapal (shipowner), sekaligus memudahkan proses administrasi pengiriman barang yang sebelumnya offline beralih ke online,” tegasnya.

Lalu AIRIN menawarkan sejumlah keunggulan dalam aplikasinya, antara lain fitur vessel tracking tanpa biaya. Vessel tracking berbasis peta ini memudahkan kedua pihak untuk melihat kapal yang open position atau open kargo. 

Pengembangan wahana AIRIN ini, diarahkan pula untuk membantu kebutuhan seluruh ekosistem perkapalan. 

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan AIRIN. Jika saat ini AIRIN bisa digunakan oleh pemilik kargo dan pemilik kapal, di masa depan harapannya AIRIN bisa digunakan pula oleh mitra lain yang terlibat dalam jasa pelayaran seperti agen pelabuhan, jasa bunker atau pelayanan bahan bakar, penyedia jasa perbaikan kapal, dan lain sebagainya,"tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: