Sumsel Miliki Fly Over Lintasi Batas 3 Kabupaten/Kota

Sumsel Miliki Fly Over Lintasi Batas 3 Kabupaten/Kota

Lokasi pembangunan fly over Gelumbang. foto: kementerian pupr--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Provinsi Sumatera Selatan kembali memiliki fly over (FO). Kali ini, FO atau Jembatan Layang bakal dibangun membelah tiga ruas batas kabupaten/kota di Sumatera Selatan yakni FO Gelumbang.

Hal itu diketahui setelah Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui BBPJN Sumatera Selatan, melakukan penandatanganan kontrak kerja pelaksanaan pembangunan Jembatan fly over Gelumbang, Kamis 1 Februari 2023. 

Penandatanganan dilakukan oleh PPK 3.2 Provinsi Sumatera Selatan dengan pihak kontraktor, dan disaksikan langsung Kepala Satuan Kerja Wilayah 3 Provinsi Sumatera Selatan.

Rencananya, pembangunan FO Gelumbang bakal dilaksanakan selama 16 bulan ke depan terhitung mulai 27 Januari mendatang. FO Gelumbang ini bakal dibangun di atas perlintasan rel kereta api di persimpangan Gelumbang yang menuju ke Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Pembangunan Flyover Simpang Sekip Palembang Terhambat, ini Kendalanya

Rencananya, FO Gelumbang ini bakal berdiri di tiga ruas perbatasan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan yakni, Kabupaten Muara Enim-Ogan Ilir (OI)-Prabumulih tepatnya di Kecamatan Gelumbang.

Dalam pembangunannya FO Gelumbang menggunakan tipe bangunan atas PC U Girder, bawah Abutment 1 dan 2. Sedangkan, untuk pondasinya menggunakan tipe Bore Pile.

Sementara, konstruksi FO Gelumbang memiliki satu bentang dengan panjang 50 meter, lebar jalur lalu lintas 17,20 meter, dan panjang jembatan serta oprit 700 meter.

Di sisi lain, adapun jembatan FO di Sumatera Selatan tepatnya di Kota Palembang yang saat ini sudah beroperasi sejak beberapa tahun lalu.

BACA JUGA:Belum Lama Diperbaiki, Lantai Jembatan Flyover Jakabaring Kembali Rusak

1. Fly Over Simpang Polda Palembang.

Fly Over atau Jembatan Layang Simpang Polda diresmikan pada 2008 silam oleh Presiden RI kelima, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Memiliki  panjang total 400 meter. Sedangkan, bentang utama sepanjang 230 meter dan lebar 18 meter. Menghabiskan total biaya sebesar Rp60,3 Milyar.

Jembatan Fly Over Simpang Polda Palembang menghubungkan Jl Jenderal Sudirman dari arah Km.5 menuju Taman Makam Pahlawan Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: