Harga Bawang Merah dan Cabai Merah di Muara Enim Naik Melejit

Harga Bawang Merah dan Cabai Merah di Muara Enim Naik Melejit

Pedagang sembako di Tanah Abang Kelurahan Pasar III Muara Enim.-Foto: Ozi/sumeks.co-

MUARA ENIM, SUMEKS.CO -  Memasuki musim penghujan ternyata berdampak pada harga jual komoditi bawang merah dan cabai di pasaran. Harga bawang merah dan cabai mengalami kenaikan cukup tinggi di seputaran Pasar Inpres MUARA ENIM.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pedagang sayuran di Tanah Abang Kelurahan Pasar III, Kecamatan Muara Enim, Kang Onyon.

Dia mengungkapkan kenaikan harga bawang merah lumayan tinggi yakni Rp10 ribu per kilogram. Semula harga bawang merah berkisar antara Rp35 ribu sampai Rp40 ribu.

“Sekarang harga bawang merah di pasaran sudah mencapai Rp50 ribu sampai Rp55 ribu,” kata Onyon, Rabu 1 Februari 2023.

BACA JUGA:Tim Gabungan Polres Muara Enim Razia Angkutan Batubara, Pastikan Batubara Legal

Selain bawang merah, lanjut Onyon, cabai merah juga mengalami kenaikan sekitar Rp5 ribu per kilo.

“Penyebabnya kemungkinan karna faktor cuaca yang saat ini sering hujan, sehingga berdampak pada ketahanan bawang dan cabai. Sebab pasokan berkurang dan sedikit lambat,” ungkapnya.

Dikatakan Onyon, kenaikan harga bawang dan cabai ini sudah berjalan sekitar satu bulan terakhir. Meskipun harga naik untuk pelanggan sendiri tidak terlalu berpengaruh karena bawang dan cabai ini merupakan salah satu kebutuhan.

“Sedikit ada penurunan pembeli. Namun tidak terlalu berdampak terhadap penjualan. Kami berharap harga bisa kembali stabil karena kami juga tidak enak melayani pembeli sambil menanggapi keluhan-keluhan yang ada,” pungkasnya.

BACA JUGA:Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Jalan Provinsi Desa Padang Bindu Muara Enim Tertimbun Longsor

Sementara seorang pembeli, Ida (33) mengatakan, memang sejak tiga pekan terakhir harga bawang dan cabai sudah naik. Meski demikian karena untuk kebutuhan dapur, tetap dibeli. Walaupun harga bawang merah dan cabai merah mengalami kenaikan.

“Tapi mau bagaimana lagi, kita tetap beli karena kebutuhan meski harga naik,” ujarnya singkat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: