KPU Prabumulih Buka Rekrutmen Pantarlih Pemilu 2024

KPU Prabumulih Buka Rekrutmen Pantarlih Pemilu 2024

Marjuansyah Ketua KPU Prabumulih menyatakan yang mendaftarkan dengan partai politik ganda di kota Prabumulih tak hanya ada dua orang, ternyata tiga orang. Foto: Dian/sumeks.co--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota PRABUMULIH akan melakukan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024

Hal itu diungkap Ketua KPU Kota Prabumulih, Marjuansyah SIP. Dia menjelaskan, petugas Pantarlih nantinya mempunyai tugas pokok yaitu melakukan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024 yang akan datang. 

"Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU pusat, pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 mulai dibuka pada 26 hingga 31 Januari 2023," jelasnya.

Lebih lanjut, pria berkacamata itu mengatakan, jumlah Pantarlih Pemilu yang dibutuhkan yakni sama dengan jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ada.  

BACA JUGA:Jumlah Pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan KPU Prabumulih Membludak

BACA JUGA:Mantan Komisioner KPU Prabumulih Terancam 6 Tahun Penjara

"Sekitar 680 sekianlah sesuai dengan jumlah TPS kita, karena perkiraan kita yang dimutakhirkan ini jumlah penduduk berdasarkan DP4 yang sudah turun kemarin," sambungnya.

Masih kata Marjuansyah, terenting pantarlih harus turun langsung ke masyarakat melakukan coklit dan mendata. 

Semua data pemilih yang ada selama ini akan dicocokkan dan diteliti oleh petugas Pantarlih sehingga didapat data yang valid. 

"Jadi tidak ada lagi data yang sudah pindah tapi masih terdaftar, atau yang sudah meninggal masih terdaftar. Kita awali dengan pencoklitan tadi," imbuhnya.

BACA JUGA:Nama Ketua KPU Prabumulih Dicatut, Masuk Dalam Daftar Anggota Partai

BACA JUGA:Lagi, Kejari Prabumulih Tetapkan Tersangka Kasus Suap KPU Prabumulih

Ditanya apa saja syarat untuk dapat mendaftar menjadi Pantarlih Pemilu 2024? Marjuansyah menuturkan tidak ada syarat khusus seperti mau daftar PPK atau PPS untuk menjadi pantarlih. 

"Syaratnya sekarang cuma satu, harus punya android. Karena sudah pakai sidali pencoklitannya, jadi sudah pakai aplikasi pencocokannya sehingga mereka bisa update terus," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: