Peresmian Plaza 16 Ilir Palembang Setelah Penyerahan Aset dari BPTD ke Pemkot

Peresmian Plaza 16 Ilir Palembang Setelah Penyerahan Aset dari BPTD ke Pemkot

Plaza 16 Ilir Kota Palembang yang selesai dibangun, baru akan diresmikan setelah penyerahan aset ke Pemkot Palembang.-Foto: Naba/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Proyek pembangunan Plaza 16 Ilir Palembang yang sudah selesai, belum dilakukan peresmian.

Peresmian baru akan dilakukan setelah penyerahan aset kepada Pemerintah Kota Palembang.

"Untuk kegiatan launchingnya nanti akan diinfokan lagi. Ini masih penyelesain proses administrasi, nanti akan diserahkan asetnya kepada Pemkot Palembang baru setelah itu akan peresmian," ungkap Kepala Balai Pengembangan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Muhammad Fahmi. 

Fahmi saat dihubungi SUMEKS.CO, Minggu 22 Januari 2023 menjelaskan, proses pembangunan Plaza 16 Ilir Palembang secara bertahap. Tahap pertama dimulai pada tahun 2018 untuk bagian merapikan tempat terlebih dahulu.

BACA JUGA:BPTD Sulap Plaza 16 Ilir Palembang, Berlanjut ke Kawasan 7 Ulu

"Perapian dulu pada tahun 2018. Dikarenakan anggarannya tidak banyak sehingga dilakukan beberapa tahapan. Ini sudah selesai sebetulnya tinggal menyerahkan saja ke Pemkot (Palembang)," jelasnya.

Lanjut Fahmi, pada tahun 2023 ini ditargetkan akan meresmikan Plaza 16 Ilir dan Plaza 7 Ulu Palembang.

"Barangkali ke depan bisa kita dorong untuk sampai ke Musi II suatu saat. Tugas kami saat ini untuk merapikan 16 Ilir dan 7 Ulu yang akan didorong menjadi pusat transportasi sungai perkotaan," ucapnya.

Kendati demikian, Fahmi berharap setelah penyerahan aset. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dapat melakukan pemeliharaan dengan baik.

BACA JUGA:Pelataran Pasar 16 Ilir Palembang, Dulu Kumuh, Sekarang Jadi Plaza

"Semoga pengelolaan dan pemeliharaan maksimal. Terlebih saya melihat masyarakat antusias di media sosial menyambut Plaza 16 Ilir ini," tukasnya.

Diketahui, Plaza 16 Ilir Palembang seluas 64,53 x 14,50 meter sebagau tempat destinasi wisata baru menghabiskan sekitar Rp7,5 miliar dari APBN Kementerian Perhubungan. 

"Pembangunan Plaza 16 Ilir Palembang kegiatannya melalui BPTD. Ini memang bagian program pemerintah bernama Quick Wins untuk merapikan kawasan Ampera, yang mudah-mudahan dapat menjadi destinasi wisata baru," kata Fahmi.

Plaza 16 Ilir bertema ciri khas dan transportasi lokal yang tidak bisa ditinggalkan.  Karena Plaza 16 Ilir tersebut ada dermaga lokal yang mengoperasikan kapal tradisional seperti jukung, ketek, speedboat dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: