Semakin Dikenal, Segini Tarif Mendatangkan Barongsai Singa Merah Palembang

Semakin Dikenal, Segini Tarif Mendatangkan Barongsai Singa Merah Palembang

Barongsai Singa Merah Palembang.-Foto: Deny/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Barongsai merupakan kesenian khas Tiongkok yang wajib ditampilkan menjelang atau saat perayaan Imlek.

Pertunjukan Barongsai di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau taman rekreasi menjadi tanda bahwa Tahun Baru China yang sudah dekat.

Barongsai sudah hadir sejak 1500 tahun silam. Berdasarkan kepercayaan tradisional masyarakat Tiongkok, singa adalah simbol keberanian, stabilitas, dan keunggulan.

Salah satunya yang kini makin dikenal di Kota Palembang adalah Barongsai Singa Merah. Group Barongsai ini sering tampil di Palembang Indah Mall (PIM), Klenteng dan Vihara.

BACA JUGA:Penjual Burung Pipit Asal Jejawi OKI Ikut Kebagian Berkah Imlek, Kenapa Ya?

Pemilik Barongsai Singa Merah, Handoko mengaku sanggar Barongsai Singa Merah berdiri sejak tahun 2019. 

"Nama Barongsai Singa Merah kami mengambilnya sesuai membeli pertama kalinya warna merah," kata Handoko, Minggu 22 Januari 2023.

Lokasi sanggar mereka di Jalan Puncak Sekuning, Gg Kaleng, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Timur (IT) I Palembang.

Untuk atraksinya sebanyak 15 orang. Mulai dari Dasar, Tradisional dan Alur Cerita. Mau mengundang Barongsai Sanggar Merah? Tarifnya berkisal Rp2-3 juta. 

BACA JUGA:Ritual Puja Pelita di Vihara Dharmakirti Palembang, Ibadah Sambut Imlek

"Untuk harga sendiri kami dimulai dari Rp2 juta hingga Rp3 juta. Tergantung dari berapa lama masyarakat ingin memesannya," ujar Handoko. 

Handoko mengaku belajar Barongsai secara otodidak.

"Kami tidak belajar ke siapa pun. Tapi terus berlatih. Saya berharap para yang meranyakan imlek di tahun ini. Semoga rezeky lancar dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya serta terhindar dari musibah," ungkap Handoko. 

Masih dikatakannya, Palembang Indah Mall (PIM) terus memberikan hiburan kepada masyarakat yang ada di Kota Palembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: