Tombol Fisik iPhone 15 Pro Bakal Diganti, Ini Penggantinya

Tombol Fisik iPhone 15 Pro Bakal Diganti, Ini Penggantinya

--

SUMEKS.CO - Apple menghapus tombol fisik dari produk ponsel terbarunya yaitu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. 

Menurut analis Apple Ming-Chi Kuo, model iPhone 15 kelas atas memiliki tombol semikonduktor dan  dilengkapi dengan Taptic Engines, bukan tombol fisik.

Teknologi Taptic Engines memungkinkan pengguna untuk menerima umpan balik dalam bentuk getaran saat mereka menyentuh 'tombol' tersebut.

Kuo menjelaskan, tombol volume dan daya pada dua model iPhone teratas tahun depan dapat menggunakan desain solid-state yang mirip dengan tombol home iPhone 7, menggantikan  tombol mekanis yang dicetak secara fisik. 

BACA JUGA:Galaxy A14 5G Dibanderol Rp2,9 jutaan dengan Spesifikasi dan Fitur Menarik

BACA JUGA:Semarakkan Hari Imigrasi, Kemenkumham Sumsel Gelar Gerbagai Kegiatan

Apple menggunakan metode serupa untuk touchpad Mac-nya, yang tidak bergerak secara fisik dan hanya meniru perasaan menekan dengan sedikit getaran. 

IPhone baru dikatakan memiliki Mesin Taptic tambahan di sisi kiri dan kanan bagian dalam untuk memberikan umpan balik kepada pengguna. 

Bertindak seolah-olah anda sedang menekan tombol fisik. Perubahan itu berarti jumlah mesin Taptic di setiap iPhone akan bertambah dari satu menjadi tiga. 

Apple sebelumnya dikabarkan akan mengganti Apple Watch ke tombol padat beberapa tahun yang lalu, tetapi peralihan tersebut tidak pernah terjadi. 

BACA JUGA:Istri Support Penuh Wakil Bupati Terpilih Ahmad Usmarwi Kaffah Membangun Muara Enim Lebih Maju Lagi

BACA JUGA:Underpass Simpang Patal-Pusri Palembang, Terowongan Perdana di Pulau Sumatera

Pada saat itu, dikabarkan bahwa tombol solid-state akan meningkatkan ketahanan air dan memakan lebih sedikit ruang internal, tetapi tidak jelas apakah itu akan terjadi pada iPhone, karena masih ada ruang untuk dua mesin Taptic lagi. 

Kuo mengatakan, bahwa desain tombol dan peralihan ke USB-C adalah dua inovasi terpenting di iPhone 15. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: