Kelenteng Palembang Bersolek, Ibadah Dilakukan Malam Sebelum Imlek

Kelenteng Palembang Bersolek, Ibadah Dilakukan Malam Sebelum Imlek

Kelenteng Gie Hap Bio Palembang. foto: fadli sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Berbagai persiapan menyambut perayaan Imlek 2575 yang jatuh pada Ahad 22 Januari besok, beberapa kelenteng di PALEMBANG bersolek.

Tidak terkecuali persiapan di Kelenteng Gie Hap Bio yang berlokasi di Jl Dr Wahidin, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

Persiapan dilakukan kelenteng yang telah berusia kurang lebih 150 tahun tersebut, lantaran menjadi tempat ibadah umat Tridharma khususnya di Palembang.

"Tidak ada persiapan khusus, hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya membersihkan altar, menghias ornamen-ornamen dan membuat tenda bagi pengunjung yang ingin beribadah besok," kata Asien (40), salah satu pengurus kelenteng Gie Hap Bio dibincangi Sabtu 21 Januari 2023.

BACA JUGA:Sambut Imlek 2023, Kelenteng Dewi Kwan Im Pasang 500 Lampion

Dikatakannya, kegiatan membersihkan altar, patung dewa dan Dewi di seluruh ruangan serta menghias ornamen dengan lampion tersebut telah dilakukan biasanya satu pekan menjelang perayaan Imlek.

Dilanjutkannya, pihak pengurus kelenteng Gie Hap Bio Palembang juga telah menyiapkan tiga titik kantong parkir disekitar lokasi Kelenteng Gie Hap Bio, yang bisa digunakan saat menjelang ibadah Imlek nanti.

Masih dikatakan Asien, kegiatan ibadah sembahyang perayaan Imlek atau biasa disebut Sincia di Kelenteng Gie Hap Bio sendiri akan dimulai pada pukul 00.00 WIB nanti malam.

"Biasanya masyarakat yang beribadah di Kelenteng Gie Hap Bio ini dimulai pada tengah malam nanti, pertanda dimulainya berdoa di Bahun Baru yang dilambangkan dengan Shio Kelinci," ungkapnya.

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru Imlek 2023, Besok Palembang Indah Mall Hadirkan Barongsai Show

Dari tengah malam itu, lanjutnya, ibadah sembahyang perayaan Imlek terus dilakukan hingga sampai puncaknya nanti yaitu pada Minggu malam sekira pukul 23.00 WIB.

Dia memprediksi, kunjungan masyarakat yang akan beribadah di kelenteng Gie Hap Bio berjumlah ribuan, sehingga pihak pengurus juga menambah petugas panitia kelenteng di beberapa titik untuk melayani warga yang beribadah.

Selain itu, lanjutnya, pihak pengurus kelenteng Gie Hap Bio juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian Polsek setempat untuk mengamankan selama prosesi ibadah perayaan Imlek.

Sementara itu, perayaan Imlek tahun Shio Kelinci Air ini menurutnya diharapkan menjadi tanda kebaikan bagi masyarakat. Oleh karenanya, tahun ini bisa lebih baik dari pada tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: