Sambut Imlek 2023, Kelenteng Dewi Kwan Im Pasang 500 Lampion

Sambut Imlek 2023, Kelenteng Dewi Kwan Im Pasang 500 Lampion

Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menjelang Tahun Baru Imlek 2023, Kelenteng Candra Nadi Soei Goeat Kiong atau yang dikenal Dewi Kwan Im Palembang memasang 500 lampion.

"500 lampion tersebut bertujuan menyemarakkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023," kata panitia Imlek dan Cap Go Meh Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang Cik Harun kepada SUMEKS.CO, Jumat 20 Januari 2023.

Kelenteng Dewi Kwan Im Kota Palembang bertempat di Jl Benteng, Kelurahan 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang, Sumatera Selatan.

Pantauan SUMEKS.CO Jumat 20 Januari 2023 di Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang terlihat beberapa petugas tampak melakukan pembersihan guna mempersiapkan perayaan ibadah.

BACA JUGA:Ibadah Imlek di Kelenteng Liong Shai Tien Tetap Terapkan Prokes

Cik Harun menjelaskan, pihaknya sedang melakukan persiapan tersebut menuju perayaan ibadah yang dimulai hari Minggu kemarin.

"Persiapannya membersihkan altar, pakaian dewa-dewi kotor kita bersihkan dan dikenakan baju baru. Kita bersihkan pakaian dewa dewi hanya satu tahun sekali," jelasnya.

Cik Harun menuturkan tahun 2023 di Kelenteng Dewi Kwan In nantinya dipasang 500 lampion. 

"Jumlah lampion yang dipasangkan berkurang dari tahun kemarin 1.000 lampion untuk menyemarakkan perayaan Imlek. Lampion itu telah lama tak digunakan, jadi ada yang rusak oleh karena itu jumlahnya berkurang," ucapnya.

BACA JUGA:Jelang Tahun Baru China, Pernak Pernik Imlek Diburu

Kendati demikian, Cik Harun menyebutkan momentum Imlek bukan pada semaraknya, namun difokuskan ibadahnya.Sementara, Cap Go Meh itu rangkaian penutup perayaan Imlek. 

"Seperti kalau agama Islam itu setelah Lebaran ada halal bihalal. Nah kami itu namanya Cap Go Meh yaitu bulan purnama keluar di tahun itu. Cap Go Meh hari ke 15 tahun. Kita berdoa Imlek tahun ini pribadi dan bangsa akan lebih baik lagi," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: