Daun Stevia Pemanis Alami Pengganti Gula, Baik Digunakan Penderita Diabetes

Daun Stevia Pemanis Alami Pengganti Gula, Baik Digunakan Penderita Diabetes

Daun Stevia.-pixabay.com-

SUMEKS.CO - Daun stevia dikenal dengan ekstrak glikosida steviolnya, yang digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula. Pemanis alami ini tergolong rendah kalori, sehingga diharapkan bermanfaat bagi penderita diabetes

Daun Stevia berasal dari tanaman Stevia rebaudina yang banyak tumbuh di  Amerika Selatan. Daun Stevia dikenal lebih manis dari sukrosa dan 100-300 kali lebih manis dari gula biasa, tetapi hampir tidak mengandung kalori.

Oleh karena itu, pemanis daun stevia ini sering direkomendasikan untuk penderita diabetes dan pelaku diet. 

Namun, untuk memastikan keamanannya, anda harus memperhatikan penggunaannya, termasuk konsumsi harian yang maksimal.

BACA JUGA:Tahun Ini, BPH Migas Tetapkan Kuota Pertalite 32,56 Juta KL, Ini Daftar Mobil yang Boleh 'Minum' Pertalite

Daun Stevia yang  diekstraksi dan diolah menjadi  pemanis alami sebagai pengganti gula, aman untuk dikonsumsi. Rasa manis ini berasal dari senyawa aktif dalam ekstrak daun stevia, seperti stevioside dan rebaudioside A (Reb A). 

Namun hingga saat ini penggunaan langsung daun stevia  belum diketahui secara pasti karena efeknya terhadap ginjal, jantung dan pembuluh darah, sehingga belum dapat dipastikan keamanannya. 

Jadi pilihlah  pemanis  daun stevia yang  sudah terdaftar di BPOM dan memiliki izin edar yang jelas. 

Bagi penderita diabetes, pemanis dalam daun stevia dapat membantu mencegah lonjakan gula darah karena kandungan karbohidrat dan kalorinya yang rendah. 

BACA JUGA:Jadi Saksi Sidang Rektor Unila, Warek III Akui Pernah Titipkan 10 Calon Mahasiswa Baru

Namun, penderita diabetes harus ekstra hati-hati saat membaca kandungan atau kandungan produk stevia yang mereka gunakan. 

Pilih produk yang murni dan tanpa  pemanis lain seperti dekstrosa atau maltodekstrin. Keduanya merupakan karbohidrat yang dapat meningkatkan  gula darah. 

Anda juga harus memperhatikan jika produk ekstrak stevia mengandung  erythritol atau campuran alkohol gula. Mengonsumsi gula alkohol dapat meningkatkan risiko  gangguan pencernaan, seperti  kembung atau diare.

Pemanis alami yang berasal dari daun stevia dapat ditemukan pada bubuk stevia dan stevia cair. Untuk amannya, berikut adalah beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum menggunakan daun stevia:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: