IPLM dan TGM di Sumsel Terus Meningkat

IPLM dan TGM di Sumsel Terus Meningkat

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Mengawali tahun 2023, Duta Literasi Provinsi Sumsel Ratu Tenny Leriva, HD, S.Ked bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan Regional 7 Sumbagsel, Dinas Pendidikan Sumsel dan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel menggelar Workshop Literasi di SMK dan SMA di Kota Palembang dengan tema Literasi Pencetak Generasi Penerus Bangsa Yang Siap Bersaing.

Kegiatan ini dilaksanakan antara lain untuk mengenalkan pemahaman Literasi Dasar bagi siswa SMA sebagai upaya untuk meningkatkan IPLM dan TGM di Provinsi Sumsel.

Dalam sambutannya, Kak Iva (sapaan akrab duta literasi) mengatakan "kegiatan ini salah satunya adalah untuk memperkuat pengetahuan siswa akan pemahaman literasi dasar, jadi ketika sudah lulus nanti mereka telah memahami berbagai literasi untuk diterapkan dalam kehidupan di kemudian hari," ungkapnya.

BACA JUGA:Video Setengah Bugil Mirip Oknum Anggota Dewan Musi Banyuasin Beredar, Begini Kata Ketua Fraksi PDIP

"Untuk tema hari ini, kita bersama OJK memberikan pemahaman kepada mereka tentang Literasi Finansial sehingga mereka dapat merencanakan keuangan mereka sendiri secara mandiri," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data yang ada, capaian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) di Provinsi Sumatera Selatan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Fitriana, S.Sos, M.Si usai kegiatan Talkshow di SMA Negeri 21 Palembang, Selasa 17 Januari 2022.

Dalam keterangannya, Fitriana mengatakan Capaian IPLM di Provinsi Sumsel pada tahun 2020 sebesar 12,36 katogeri sedang.

BACA JUGA:Tak Perlu Download Aplikasi untuk Hasilkan Saldo DANA Cuma-cuma Rp350 Ribu, Cukup Kunjungi Website Ini

Tahun 2021 mulai mengalami peningkatan di angka 14,57 dan tahun 2022 sudah menembus angka 74,35 dan ini masuk kategori tinggi.

"Sedangkan untuk TGM, dimana tahun 2020 berada di angka 52,38, di tahun 2021 55,84 dan di tahun 2022 mencapai 61,52. Capaian ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi kami namun tentu bukan sebatas angka saja, mempertahankan yang sudah ada tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami," tegasnya.

Kegiatan workshop pada hari ini di SMA Negeri 21 Palembang diikuti 793 siswa terdiri dari 395 siswa kelas 12 dan 398 siswa kelas 11.

"Ini merupakan Workshop SMA ketiga dimana Workshop pertama telah dilaksanakan di SMKN 3 Palembang, dan SMAN 3 Palembang masih banyak lagi Workshop di SMK dan SMA yang ada di kota Palembang, dan akan kita lanjutkan roadshow di 17 kabupaten kota se Sumsel," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: