4.800 Meter Lahan Pemakaman Pasien Covid 19 Tergusur Lahan Tol

4.800 Meter Lahan Pemakaman Pasien Covid 19 Tergusur Lahan Tol

Tol Palembang - Inderalaya, Sumatera Selatan yang menjadi bagian Tol Trans Sumatera. --dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - 4.800 lahan pemakaman umum, pasien Covid 19, di Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan terdampak pembangunan jalan tol Kapalbetung (Kayu Agung-Palembang-Betung).

Lahan pemakaman yang digusur ini, dipastikan lahan pemakaman yang mash kosong, alias belum dipakai untuk penguburan.

Asisten 3 Pemkot Palembang, Zulkarnain menegaskan, Waskita Karya selaku pelaksana pembangunan proyek strategi nasional tersebut sudah mengganti lahan baru.

Lahannya lebih luas dari jumlah yang terkena jalan tol. Yakni 5.500 meter persegi. "Lahan yang terkena tol 4.800 meter persegi diganti dengam lahan seluas 5.500 meter persegi," kata Zulkarnain.

Lahan pemakaman khusus Covid-19 itu merupakan aset milik Pemerintah Kota Palembang. Karena untuk kepentingan negara, maka Pemkot Palembang mengizinkan lahan pemakaman Covid-19 itu untuk dijadikan jalan tol. Dikutif dari Kantor Berita RMOLSumsel, Sabtu 14 Januari 2023.

Ia mengklaim, kasus Covid-19 di Kota Palembang saat ini sudah landai. Sehingga, proses pemakaman jenazah Covid-19 di lahan itu juga sudah sangat jarang dilakukan.

Total lahan TPU Gandus ini 6 hektare, dimana sebagiannya telah digunakan untuk pemakaman pasien covid 19.

Proyek strategis nasional Jalan Tol Trans Sumatera Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) sepanjang 111,7 kilometer dalam proses pengerjaan.

Tol Kapal Betung ini membentang membelah bagian wilayah Kota Palembang, yaitu Keramasan juga Gandus. Saat ini, Tol Kapal Betung rampung untuk bagian Kayu Agung-Keramasan. Saat ini prosesnya dilanjutkan untuk bagian Keramasan-Betung.

Jembatan tol terpanjang di Indonesia ada di Sumatera Selatan. 

Jembatan Musi V menghubungkan Tol Betung dan Jalan Lintas Timur (Jalintim) menjadi Jembatan terpanjang. Jembatan ini melintasi Sungai Ogan.

Saat ini progres pengerjaan Jembatan Musi V telah mencapai 75 hingga 80 persen.

Jembatan Musi V bakal menjadi ikon baru Kota Palembang khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Jembatan Musi V berada di atas aliran sungai Ogan dengan total panjang 1,6 km dan menjadi jembatan tol terpanjang di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: