5 Filosofi Rumah Limas Palembang, Nomor 5 Tidak Sembarang Orang Bisa Menaikinya

5 Filosofi Rumah Limas Palembang, Nomor 5 Tidak Sembarang Orang Bisa Menaikinya

Rumah Limas Haji Aziz di Jl Demang Lebar Daun, Kota Palembang, Sumatera Selatan.--

SUMEKS.CO - Rumah Limas Mas Aziz, di Jl Demang Lebar Daun No 51, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. 

Rumah limas ini adalah rumah adat Sumatera Selatan. Rumah ini memiliki lantai bertingkat yang disebut bengkalis. Tingkatan ini memiliki makna filosofi yang sangat sakral bagi masyrakat Sumatera Selatan.

Tak sekedar pilosofi, ada sanksi yang akan menimpa bagi penghuni rumah yang melanggar aturan ini. 

Apa pilosofi di setiap tingkatannya. Yuk baca sampai habis.

BACA JUGA:Berwisata ke Rumah Limas Mas Aziz Palembang, Pengunjung Cukup Bayar Rp10.000

Dikutip dari Indonesia go.id, Rumah Limas adalah rumah panggung. Rumah ini memiliki 5 tingkatan yang berfilosofi. Ini menyesuaikan geografi, dan kepercayaan masyarakat setempat.

Kumpulan tingkat-tingkatnya disebut masyarakat sebagai Bengkalis yang memiliki makna tersendiri. 

Luasan Rumah Limas berkisar mulai dari 400 hingga 1000 meter persegi, sering kali dipinjamkan pemilik rumah untuk  pesta pernikahan dan acara adat.

Hampir seluruh bagian dari Rumah Limas berbahan kayu. Pemilihan kayu dilakukan bukan tanpa sebab, namun menyesuaikan dengan karakter kayu dan kepercayaan masyarakat di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Intip Kemegahan Rumah Limas di Ogan Ilir Milik Mantan Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu

Jenis kayu-kayu yang digunakan merupakan kayu unggulan dan dikabarkan hanya tumbuh subur di daerah yang beribukota di Palembang.

Untuk bagian pondasi biasanya menggunakan kayu unglen, kayu yang berstruktur kuat dan tahan air. Sedangkan bagian kerangka rumah, digunakan kayu Seru.

Kayu ini cukup langka dan sengaja tidak digunakan untuk bagian bawah rumah karena dalam kebudayaan masyarakat, kayu Seru dilarang untuk diinjak dan dilangkahi.

Khusus dinding, lantai, jendela, dan pintu menggunakan kayu Tembesu, yang mempunyai keunggulan dari segi ekologi dan ekonomi. Kentalnya budaya Sumatera Selatan bisa terlihat dari seni ukiran dan ornamen pintu, dinding, maupun atap Rumah Limas yang menggambarkan nilai-nilai kebudayaan setempat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: